10 Makanan Khas Sunda yang Bikin Kamu Ngiler

 

 

Sunda merupakan salah satu bagian dari suku – suku yang ada di Indonesia. Mayoritas daerah sunda di daerah banten dan jawa barat, sebagai mana daerah – daerah lain daerah sunda juga mempunyai makanan khas tersendiri.

  1. Balok menes
balok-menes-pandeglang

indonesiana.merahputih.com

Mungkin bagi anda yang belum tahu, sekilas setelah mendengar nama balok terbayang kayu balok yang keras. Namun balok di sini berbeda, karena nama balok di sini adalah makanan khas dari sunda.

Buka juga makanan khas banten.

Balok menes merupakan makana khas dari daerah sunda yang ada di daerah menes pandeglang banten. Balok menes sendiri terbuat dari singkong dan parutan kelapa yang sudah di jadikan serundeng. Kue balok ini ada dua macam, balok cioda dan balok menes.

  1. Tahu sumedang
tahu-sumedang

bismacenter.ning.com

Sesuai dengan namanya, tahu sumedang merupakan makanan khas dari sumedang yang bisa di campur cabai atau sambel, tahu sumedang lebih nikmat jika di makan selagi masih hangat dan di cocol ke sambal. Rasa gurihnya akan membuat kamu bergoyang lidah dan membuat kamu ingin terus menyantapnya.

  1. Peuyeum Bandung
bandung-peuyeum-bandung-menggoyang-lidah

www.hotelgeulisbandung.com

Peuyeum dalam bahasa Indonesia di sebut tape, peuyeum Bandung merupakan tape khas Bandung yang bisa menggoyang lidah anda jika anda mencicipinya. Peuyeum atau tape merupakan makanan khas yang terbuat dari singkong yang di kukus lalu di dinginkan setelah itu di taburi ragi khusus dan di peuyeum (di imbuh) hingga berpermentasi menjadi tape.

  1. Nasi Tutug Oncom
nasi-tutug-oncom

nasi-tutug-oncom

Nasi tutug oncom merupakan nasi khas dari daerah sunda, tepatnya di daerah tasikmalaya. Nasi tutug oncom merupakan nasi yangdi campur oncom yag di goring atau di bakar. Seperti namanya preoses pencampuran nasi dengan cara di tumbuk hingga di kenal dengan nama nasi tutug.

  1. Sorabi Hijau
serabi-hijau

wcagustus2.blogspot.com

Sorabi hijau merupakan makanan khas sunda yang ada di Rengasdengklok Karawang. Serabi hijau ini berbeda dengan serabi – serabi lainnya, bahan pembuatannya juga sedikit berbeda yang di tambahi daun suji. serabi hijau lebih nikmat jika ditemani secangkir kopi hangat.

  1. Dodol Garut
Dodol-Khas-Garut

www.kidnesia.com

Semua orang sudah mengenal makanan khas dari sunda yang satu ini yang berasal dari garut, dodol garut. Dodol garut  banyak sekali variasi rasanya diantaranya dodol wijen, dodol kacang dan, dodol aneka buah lainnya.

  1. Tape Ketan
tape-ketan

www.flickr.com

Pada umumnya tape terbuat dari singkong, tapi tape juga bisa di buat dari beras ketan yang rasanya tidak kalah dari tape singkong. Rasa tape ketan hamper mirip dengan rasa madu asli, dan cara pembuatan tape ketan ini juga persis seperti membuat tape singkong (peuyeum).

  1. Mochi
Kue-Mochi-Asli-Sukabumi

dapuranda.net

Mochi merupakan makanan sunda dari sukabumi yang sudah tidak asing bagi warga Indonesia. Mocha terbuat dari tepung ketan yang di taburi tepung tapioca dan berisi banyak varian rasa.

  1. Nasi Sumsum
nasi-sumsum-serang

nurulnoe.com

Nasi sumsum merupakan makanan khas dari sunda yang berasal dari Serang. Seperti namanya, nasi sumsum terbuat dari nasi yang di campur dengan sumsum tulang kerbau atau sapi dan cara memasaknya dengan di pepes. Rasa  nasi sumsum ini gurih dan lezat, yang bisa menggoyang lindah anda.

  1. Galendo
galendo-ciamis

www.elevenia.co.id

Untuk anda yang  belum mengenal makanan yang satu ini, galendo ciamis. Galendo ini terbuat dari bahan dasar santan kelapa. Rasanya enak apa lagi dinikmati dengan secangkir kopi panas atau teh panas.

 

Mungkin itulah beberapa kuliner masakan khas sunda yang saya ambil dari beberapa daerah sunda, yang bisa membantu pengetahuan anda tentang makanan khas sunda. Tentunya masakan khas sunda masih banyak lagi yang bisa kamu coba saat berkunjung ke daerah – daerah sunda.

One Response

  1. diki Mei 19, 2016

Leave a Reply