4 Jenis Ikan lele di Indonesia

Siap yang tidak kenal dengan ikan lele, ikan lele merupakan komoditas unggulan budidaya di air tawar. Petani banyak yang memilih untuk membudidayakan ikan lele, karena budi daya ikan lele sangat mudah walaupun di lahan yang minim dan  cocok untuk meningkatkan ekonomi bisnis masyarakat pedesaan.

Ikan lele mempunyai beberapa jenis, dan di Indonesia yaitu :

  1. Clarias batrachus, dikenal sebagai ikan lele (Jawa), ikan kalang (Sumatera Barat), kan maut (Sumatera Utara), dan ikan pintet (Kalimantan Selatan).
  2. Clarias teysmani, dikenal sebagai lele Kembang (Jawa Barat), Kalang putih (Padang).Clarias melanoderma, yang dikenal sebagai ikan duri (Sumatera Selatan), wais (Jawa Tengah), wiru (Jawa Barat).
  3. Clarias nieuhofi, dikenal sebagai ikan lindi (Jawa), limbat (Sumatera Barat), kaleh (Kalimantan Selatan).
  4. Clarias loiacanthus, dikenal sebagai ikan keli (Sumatera Barat), ikan penang (Kalimantan Timur).
  5. Clarias gariepinus, dikenal sebagai lele Dumbo (Lele Domba), King cat fish, berasal dari Afrika.

 

Dari  seluruh jenis jenis ikan lele tersebut, clarias batrachus (lele local) dan clarias gariepinus (lele dumbo) yang paling popular. Sedangkan jenis ikan lele yang lain sudah jarang didapatkan bahkan sudah langka. Seiring dengan tingginya minat masyarakat akan ikan lele, berikut ikan lele yang banyak dibudidayakan oleh peternak ikan di Indonesia :

Lele Dumbo

ikan-lele-dumbo

www.tokomesin.com

Ikan lele dumbo merupakan ikan bukan asli dari Indonesia, ikan lele dumbo ini sebelumnya merupakan import dari Taiwan pada tahun 1985 yang kemudian di budidayakan di Indonesia. Lele dumbo sekarang merupakan ikan favorit di kalangan masyarakat Indonesia, karena pertumbuhan ikan lele dumbo begitu pesat dan cepat, dan lebih besar dari lele lokal.

Lele Lokal

lele-lokal

wongkebon.wordpress.com

Ikan lele lokal (clarias batrachus) merupakan ikan lele yang banyak di kenal di kalangan masyarakat sebelum datangnya ikan lele dumbo. Setelah kehadiran ikan lele dumbo, para pembudidaya ikan lele lokal berpindah alih untuk berbudi daya ikan lele dumbo.

Karena ikan lele lokal pertumbuhannya lebih lambat di bandingkan dengan pertumbuhan ikan lele dumbo, ikan lele lokal yang sudah berumur 1 tahun ukurannya kalah dengan ikan lele dumbo yang baru berumur 2 bulan.

Di Indonesia lele lokal yang paling banyak di budidayakan adalah lele lokal yang berwarna hitam, selain warna hitam lele lokal juga ada yang berwarna putih, putih belang, dan warna merah. Namun lele lokal jarang di budidayakan.

Lele Phython

lele-phyton

www.youtube.com

Lele python on merupakan lele yang banyak di budidayakan oleh masyarakat asli dari Kabupaten Pandeglang pada tahun 2004.membudidayakan ikan lele pyton untuk menjawab kehawatiran masyarakat tentang keadaan iklim dingin Kota Pandeglang yang mencapaih hampir 17®C pada malam hari.

Tentu suhu tersebut tidak cocok dengan ikan lele dumbo yang mereka budidayakan. Berkat usaha para masyarakat selama 2 tahun, di temukan ikan lele python yang merupakan hasil dari persilangan ikan ekspor dari Thailand F2 dengan ikan lele lokal. Ikan lele python ini cukup tangguh untuk bertahan di suhu yang dingin.

Tngkahnya yang licin dan bentuk kepalanya yang seperti ular phyton, maka ikan lele yang satu ini di sebut dengan ikan lele python. Dagingnya gurih, tidak lembek dan hampir menyerupai rasa dari ikan lele lokal.

Lele Sangkuriang

lele-sangkuriang

hkti.org

Depatermen Kelautan dan Perikanan resmi mengeluarkan ikan lele sangkuriang pada tahun 2004. Lele ini hasil dari persilangan antara ikan lele dumbo betina generasi ke 2 atau F2 dan lele jantan F6. Lele sangkuriang ini di kresmikan dengan harapan agar menjadi pengganti dari ikan lele dumbo yang semakin hari semakin tidak produktif.

Kemampuan fisik dari ikan lele sangkuriang ini adalah lebih unggul dan lebih tahan lama dari berbagai macam penyakit, selain itu ikan lele sangkuriang ini juga  lebih enak dagingnya dibandingkan dengan ikan lele dumbo.

 

Itulah beberapa jenis ikan lele yang ada di indonesia, semoga bermanfaat.

Leave a Reply