Bahaya Ikan Lele Bagi Kesehatan

Sebagian besar orang suka mengkonsumsi lele sebab rasanya yang enak, teksturnya yang lembut, kandungan gizinya hingga harganya yang ekonomis.tetapi sebagian lainnya lebih memilih untuk menjahui lele sebab anggapan lele ikan yang kotor dan tidak bagus bagi kesehatan. Termasuk yang manakah anda, menyukai atau menghindari? Agar lebih jelas mari kita pelajari lebih dalam tentang kandungan apa saja yang terdapat pada lele.

 

Berikut adalah bahaya ikan lele bagi kesehatan

  1. Lele mengandung merkuri

Di zaman yang modern ini, teknologi semakin maju tetapi keadaan lingkungan semakin terabaikan, karena banyaknya pencemaran lingkungan. Hampir sebagian ikan mengandung zat merkuri. Zat merkuri merupakan zat  yang bisa membahayakan sistem syaraf pada tubuh kita.

Namun bagi para pencinta ikan lele tidak perlu khawatir, sebab kita masih tetap bisa mengkonsumsi ikan lele, kecuali ikan lele yang hidup pada perairan yang pencemaran merkuri tinggi. Sebagian besar hipotetis menyatakan bahwa ikan lele adalah ikan yang mengandung merkuri yang sangat sedikit. Badan pengawas lingkungan juga menyatakan bahwa ikan lele merupakan ikan yang aman untuk dikonsumsi.

  1. Lele mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi kesehatan

Ikan lele merupakan ikan yang bisa berkembang biak pada perairan yang keruh dan sedikit oksigen. Bahkan ada  peternak lele yang menempatkan kolam ikan lele di sekitar kandang ayam. Hal ini di lakukan karena ikan lele merupakan ikan yang bisa mengkonsumsi kotoran ayam bahkan kotoran manusia, sehingga melancarkan usaha ternaknya.

Keadaan seperti inilah yang memungkinkan lele mengandung banyak bakteri. Beberapa bakteri yang biasa terdapat pada lele yaitu E.coli, Shigella dan Salmonella, bakteri-bakteri tersebut bisa kita hilangkan dengan cara pengolahan yang tepat. Pastikan anda mencuci ikan lele dengan sangat bersih dan memasaknya dengan pemanasa yang tepat, karena bakteri pada lele bisa mati karena pemanasan. Terlepas dari kekhawatiran-kekhawatiran tersebut lele lebih banyak mempunyai kandungan gizi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Kanker

Banyak para pembudidaya ikan lele memanfaatkan kolam yang keruh seperti di bawah kandang ayam atau babi, ingat ikan lele juga adalah hewan yang memakan limbah dan dapat hidup di berbagai medan serta lumpur. Mengapa lele bisa menimbulkan kanker, berikut penyebab ikan lele bisa menyebabkan kanker yang sangat berbahaya :
Lele hidup di kolam sangat kotor

Ikan Lele merupakan ikan yang mempunyai daya tahan tubuh sangat bagus, sehingga dapat hidup di lingkungan yang sangat kotor dan banyak limbah. Bahkan untuk memudahkan, banyak petani lele yang membudidayakan lele di bawah kandang ayam. Bisa anda bayangkan bakteri yang ia konsumsi.

kolam-lele-bawah-kandan

infoakuakultur.com

Konsumsi Limbah

Seperti halnya bahaya daging biawak bagi  kesehatan, ikan lele merupakan ikan yang dapat memakan limbah  dari kotoran hewan ternak, sangat mudah membudidayakan lele bukan ? nah, ini yang menimbulkan ia dapat menjadi sangat berbahaya karena banyak terkontaminasi bakteri.

 

Tips memilih lele yang segar

 

  • Pilih ikan lele yang kulitnya tidak berjamur atau yang normal,  atau mungkin bisa membeli ikan lele yang masih hidup.
  • Ketika kita pencet daging ikan lele, akan terasa keras.
  • Ikan lele tidak berbau busuk atau berbau aneh.
  • Mata lele jernih, menonjol atau cembung tidak berwarna putih, katna jika mata ikan lele berwarna putih berati sudah tidak segar lagi.
  • Ingsang ikan lele berwarna merah tidak pucat.
  • Sirip dan kulit lele tidak mudah sobek.

 

lele-sekar

wartakesehatan.com

Tips mengolah lele yang sehat

pengolahan-lele

hkti.org

  • menyediakan dan mencuci lele sampai benar – benar bersih pada air yang mengalir dan bersih.
  • Mengolah hingga matang pada panas yang baik untuk membunuh bakteri yang mungkin ada pada ikan lele.
  • Jika anda menghindari kolesterol anda juga bisa mengngolah lele dengan pengukusan atau perebusan atau cara lainya dan jangan di goreng.

 

 

Leave a Reply