Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

Cara Hidup Sehat Ala Rosulullah-  hidup sehat meupakan nikmat yang luar biasa yang telah diberikan oleh Allah Ta’ala akan tetapi kebanyakan orang yang menyia-nyiakannya. Sangat sedikit sekali orang yang mensyukuri nikmat kesehatan hingga akhirnya dia menggunakan waktu sehatnya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Tips Hidup Sehat Ala Rosulullah

pabosi.net

Namun ketika sakit dia baru menyadari betapa pentingnya nikmat kesehatan. Akan tetapi kia juga harus rajin menjaga kesehatan agar tubuh kita tetap dalam keadaan sehat dan bisa selalu beraktifitas serta beribadah kepada yang memberikan kesehatan kepada kita.

Dan pada dasarnya pola hidup merupakan faktor yang akan menyebabkan seseorang itu sakit dan sehat. Sebab di dalam kehidupan ini sesuatu yang berlebihan akan berdampak negative pada dirikita contohnya saja makan, padahal makan merupakan kebutuhan dan bisa menunjang kesehatan. Akan tetapi jika makan terlalu berlebihan maka akan berdampak buruk pada kesehatan kita.

Untuk itu, ternyata Rosulullah Shallalah ‘Alaihi Wasallam telah mencontohkan kepada kita bagaimana cara hidup sehat. Dan berikut ini adalah poin-poin yang diajarkan Rasulullah dalam menjaga pola hidup yang sehat.

Makan Ketika Lapar Berhenti Sebelum Kenyang

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa hal yang berlebihan akan berdampak negatif pada kita begitu pula makan yang berlebihan akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh kita. Sebab Rosulullah mengajarkan kepada kita agar makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Kenapa Rosulullah memerintahkan kepada kita agar makan ketika lapar dan berhenti ketika sebelum kenyang? Sebab makan hanyalah sebuah kebutuhan dan akan berdampak baik jika hanya untuk sekedar memberi tenaga kepada kita. Rosulullah juga telah berpesan kepada umat muslim agar lambungnya di isi untuk makanan 1/3 dan minum 1/3 dan udara 13.

Rasulullah My Doctor

kbr.id

Selain itu kita juga dianjurkan makan makanan yang baik dan halal sebab makanan yang halal saja tidak cukup. Makanan yang halal memang banyak dan makanan yang baik juga banyak akan tetapi makanan yang halal dan baik itu yang harus kita perhatikan. Makanan yang baik dan halal ini adalah makanan yang halal akan tetapi baik untuk kesehatan kita seperti buah sayur-mayur dan makanan yang tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Selain memperhatikan makanan yang kita makan, kita juga harus makan dengan adab dan tata-cara yang telah Rosulullah contohkan pada kita seperti mencuci tangan sebelum makan, makan menggunakan tangan kanan, makan menggunakan 3 jari, sebelum makan membaca doa dan lain sebagainya. Apabila memungkinkan melakukan tatacara yang telah Rosulullah contohkan maka lakukanlah karena yang demikian adalah tata cara makan yang sempurna.

Rutin Melakukan Puasa

Puasa merupakan salah satu yang cara agar hidup sehat sebab rosulullah telah bersabda yang maknanya kurang lebih “berpuasalah maka kamu akan sehat”. Dan ternyata dalam dunia medis telah dibuktikan bahwa dengan melakukan puasa organ tubuh kita akan bekerja menjadi lebih rilek dan tenang sehingga emosi bisa terkontrol dan tidak setres.

Namun selain itu ternyata dengan melakukan puasa bisa membersihkan usus-usus kita dari kotoran yang ada sehingga menjadikan usus dan lambung kita bersih dari kotoran dan bisa memicu kesehatan tubuh kita.

Istirahat yang Cukup

Dalam dunia kesehatan sudah sanyat akrab sekali bahwa tubuh membutuhkan istirahat yang cukup yaitu 8 jam setiap harinya dan ernyaata Rosulullah telah melakukan hal tersebut sebelum kecangihan teknologi modern ada. Rosulullah Shalallah ‘Alaihi Wasalam telah membagi waktu nya setiap hari menjadi 3 bagian yaitu 1/3 waktu digunakan untuk ma’isyah (urusan dunia), 1/3 waktu digunakan untuk beribada kepada Allah Ta’ala, dan 1/3 digunakan untuk beristirahat.

Olahraga Teratur

Olah raga sangat dibutuhkan tubuh kita agar tidak kaku, ditambah pada zaman sekarang ini kebanyakan orang yang bekerja di depan komputer dan duduk sehingga menjadikan tubuh kita kaku. Oleh karena itu tubuh memerlukan olah raga setiap hrinya minimal 10 hingga 15 menit sekedar agar otot pada tubuh tidak tegang dan bisa memicu penyakit.

Menjaga Kebersihan

“Kebersihan merupakan sebagian dari iman” mungkin itulah dali yang sering kita dengar akan pentingnya menjaga kebersihan. Dan kebersihan memang sangat dibutuhkan terutama pada kebersihan tubuh kita sendiri telebih dahulu seperti mandi, sikat gigi, dan lain sebagainya baru kebersihan rumah dan lingkungan.

Kebersihan sangan penting untuk kita jaga demi menjaga adanya virus dan bakteri jahat yang bisa menyerang kita hingga bisa menyebabkan tubuh kita sakit dank arena sakit maka pekerjaan kita bisa tertunda dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips agar hidup kita tetap sehat sehingga kita bisa menjalani hari dengan tenang. Selain cara hidup sehat diatas, kita juga harus banyak  meminum air putih, sebab dengan meminum air putih memiliki antioksidan tinggi yang sangat  bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Demikianlah semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menjalani hidup yang sehat dan semoga bermanfaat, salam sehat.

Leave a Reply