Cara Membuat Gelang dari Tali Kur Beserta Contohnya

Cara membuat gelang dari tali kur- tali kur merupakan tali yang sering digunakan oleh para pengrajin tali untuk membuat suatu kerajinan seperti membuat tas dari tali kur, gelang dari tali kur, dompet dari tali kur, dan kerajinan lainnya dari tali kur. Pada umumnya sebenarnya banyak sekali kerajiana yang di buat dari tali dan menggunakan banyak tali bukan hanya menggunakan tali kur saja seperti membuat kerajian dari tali sepatu, tali kur, dan tali prusik.

Kerajinan dari tali sangat banyak sekali contohnya, namun pada kali ini kita akan membahas bagai mana cara membuat gelang dari tali kur. Membuat gelang dari tali kur memang tidak sesulit membuat tas dali tali kur akan tetapi membuat gelang juga membutuhkan keahlian khusus, yang akan di jelaskan di bawah nantinya.

Membuat gelang dari tali kur mungkin sangat mudah bagi para pencinta alam atau anak pramuka  karena mereka sudah terbiasa hidup dengan tali temali. Membuat gelang dari tali kur juga mempunyai banyak sekali variasinya mulai dari cara membuat gelang  tali kur dengan satu warna, cara membuat gelang dari tali kur 2 warna, cara membuat gelang dari tali kur dari 3 warna, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Gelang dari Tali Kur

Sebenarnya semua cara membuat gelang dari tali kur sama saja akan tetapi sedikit ada perbedaan. namun kali ini kita akan membahas cara dasar membuat gelang dari tali kur sekaligus dengan video tutorialnya.

Cara membuat gelang dari tali kur dua warna

Perlu kita ketahui untuk membut gelang dari tali kur tidaak membutuhkan peralatan yang banyak akan tetapi cukup menyiapkan tali kur dua warna (sesuka hati), gunting, dan korek api.

Cara pembuatan:

  • Setelah semua peralatan di siapkan, bakarlah ujung tali kur dengan korek agar tidak gampang lepas dan rusak.
  • Lalu ikatlah kedua tali dengan ikatan mati hingga membentuk suatu simpul lalu ukurlah tali sebesar pergelangan tangan anda.
  • Langkah selanjutnya mulailah anda melilitkan tali yang berbeda warna dengan cara memasukan ujung tali merah (anggap saja tali merah dengan tali putih) ke arah bawah tali putih dan tarik hingga kencang.
  • Selanjutnya dengan cara yang sama namun dengan warna yg berbeda masukan tali warna putih ke arah bawah tali merah lalu tarik.
  • Lalukan hal yang sama secara bersilang hingga selesai.
  • Setelah selesai melilitkan tali, langkah selanjutnya memotong tali yang tidak dibutuhkan atau terlalu panjang dan kemudian membakarnya.
  • Setelah itu sambungkanlah kedua ujung tali tadi hingga membentuk gelang dan gelang pun sudah jadi.

Untuk tutorial yang lebih jelasnya lagi silahkan anda melihat video tutorial yang ada di bawah ini:

Semoga artikel beserta video tutorialnya bisa membantu memudahkan anda dalam berkarta, semoga bermanfaat salam sukses.

Leave a Reply