Cara Membuat Keripik Kentang dengan Banyak Rasa Terlengkap

Selamat berjumpa kembali para pembaca yang setia dari Pabosi.net, semoga kalian puas dengan apa yang ada pada situs kami. Pada kali ini  kami akan menulis artikel tentang cara membuat keripik kentang yang akan kami jelaskan di bawah nanti.

Apa Itu Keripik Kentang?

Keripik kentang adalah irisan tipis kentang yang digoreng atau dipanggang hingga garing. Keripik kentang pada umumnya hidangkan sebagai penambah selera makan atau makanan ringan dan biasa di sebut snack. Jenis komersial biasanya dikemas dalam kantong untuk dijual.

Penyiapan keripik yang paling sederhana adalah dengan digoreng dan digarami, tapi para produsen dapat menambahkan berbagai jenis penyedap seperti menggunakan terna atau rempah, aditif buatan atau MSG. Keripik kentang adalah bagian penting dari pasar makanan ringan di negara-negara berbahasa Inggris dan banyak negara barat lainnya.

Cara Membuat Keripik Kentang

Cara membuat keripik kentang sendiri sebenarnya tidak sulit hanya membutuhkan keuletan dan kesabaran dan kentang sebagai bahan dasarnya sangatlah mudah untuk kita jumpai.

Ada banyak sekali macam-macam dari keripik kentang berikut ini adalah jenis-jenis dari keripik kentang:

 

Kentang Balado

Kentang Balado

Bahan-bahan yang Diperlukan:

Kentang…….1 kg

Daun Jeruk…….2 lembar

Lengkuas…….1 ruas kecil

Daun Salam…….2 lembar

Minyak goreng…..secukupnya

Garam…….secukupnya

 

Bumbu Halus:

Cabai rawit…….50 gr

Cabai keriting…….100 gr

Kemiri…….2 butir

Bawang putih…….2 butir

Bawang merah…….3 butir

Gula pasir…….secukupnya

Penyedap rasa…….secukupnya

 

Langkah Pembuatan Kentang Balado

  • Pertama-tama kupaslah kentang lalu cuci hingga bersih, lalu iris kentang dengan ukuran tipis, alangkah lebih baiknya kamu perlu menggunakan serutan keripik agar irisanya sama tipisnya. Masukan kentang yang sudah di iris kedalam air bersih dan rendam, lalu cuci kembali kentang yang sudah kamu iris tipis dengan air bersih. Jika tidak ingin terlalu repot sembari di iris sediakan wadah berisikan air agar irisan kentang yang kamu iris langsung masuk ke dalam wadah yang berisi air tersebut.

 

  • Selanjutnya gorenglah irisaan kentang yang sudah kamu cuci bersih sedikit demi sedikit dengan di taburi sedikit garam setiap kali menggoreng nya. Ingat menggorengnya harus dengan minyak goreng yang baru dan lumayan banyak hingga gorengan keripik kentang kering dan berwarna kuning keemas-emasan.

 

  • Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalam menumis bumbu halus yang sudah tersedia dengan minyak goreng kira-kira sebanyak 6 sdm. serta masukan semua daun jeruk, daun salam dan lengkuas sampai bau harumnya tercium dan matang.

 

  • Tunggu untuk beberapa saat agar bumbu yang sudah ditumis tadi dingin, lalu campurkan keripik kentang yang sudah kamu goreng kedalam bumbu halus tadi sampai benar-benar rata, simpan ditempat sejuk dan kering juga tertutup agar kentang balado buatan kamu tetap renyah.

Selamat mencoba, semoga sukses serta sesuai dengan selera kamu.

Leave a Reply