Cara Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut merupakan masalah yang cukup mengganggu aktifitas kita. Karena bau mulut kita kurang percaya diri ketika kita bertemu dengan rekan kerja kita, atau mungkin kita minder ketika teman – teman kita mengajak untuk kumpul bareng teman – lama.

Nah, di sini kamu akan mendapatkan penyebab masalah bau mulut dan cara mengatasinya.

Penyebab Bau Mulut

Penyebab – penyebab dari bau mulut biasanya di sebabkan oleh hal berikut :

 

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Mulut
kebersihan-mulut

www.fitnessformen.co.id

Tidak hanya lingkungan dan rumah anda saja yang harus di bersihkan, tetapi kebersihan pada tubuh kamu juga harus di bersihkan dan di jaga. Begitu pula dengan kebersihan mulut kamu, yang harus di jaga agar tidak menyebabkan masalah – masalah pada mulut anda seperti, bau mulut.

  1. Memakan Makanan Yang Berbau Tidak Sedap
pete

www.youtube.com

Memakan makanan yang tidak sedap seperti memakan jengkol dan pete bisa menyebabkan mulut anda bau. Meskipun sebagian orang menganggap pete dan jengkol adalah makanan yang lezat, da nada juga yang menganggap pete dan jengkol adalah makanan yang harus di hindari. Itu tergantung pada diri masing – masing.

  1. Merokok
smoking

thespiritscience.net

Merokok merupakan salah satu dari penyebab bau pada mulut anda. Mungkin yang kita tahu rokok hanya bisa menyebabkan penyakit – penyakit yang ganas saja seperti, kanker, liver, gangguan kehamilan dan lain sebagainya. Karena itu mari kita hindari dari kebiasaan merokok.

  1. Panas Dalam

 

Panas dalam merupakan penyebab bau mulut kita. Karena ketika kita panas dalam maka akan ada gejala penyakit lain yang akan timbul seperti sariawan, bibir pecah – pecah dan, tenggorokan terasa panas.

  1. Lupa Sarapan Pagi
lupa-sarapan-pagi

www.ummi-online.com

Mungkin pada awalnya kita tidak mengetahui akan penyebab bau mulut yang satu ini. Ternyata lupa akan sarapan pagi merupakan penyebab bau mulut, alasanya kenapa tidak sarapan merupakan menjadi penyebab bau mulut, karena bakteri yang ada pada mulut kita akan mati oleh air liur kita. Otomatis ketika kita tidak sarapan maka  produksi air liur berkurang.

  1. Gigi Berlubang
gigi berlubang

www.123rf.com

Bau mulut bisa jadi disebabkan oleh gigi kita yang berlubang, maka dari itu marilah kita mulai rajin untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi kita agar gigi kita tidak berlubang yang bisa menyebabkan bau pada mulut kita.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Tadi kita sudah mengetahui apa saja penyebab dari munculnya bau mulut, sekarang kita akan mempelajari apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi bau pada mulut kita. Berikut ini cara ampuh hilangkan bau mulut :

  1. Menjaga Kebersihan Mulut
mulut sehat

apakabarsidimpuan.com

tTadi kita sudah mengetahui penyebab munculnya bau mulut adalah kurang menjaga kebersihan mulut. Karena itu kita harus rajin untuk membersihkan mulut seperti menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari (bangun tidur dan kerika mau tidur malam). Jika perlu anda bisa menggosok gigi setiap habis makan.

  1. Memakan Beras
beras mentah

www.123rf.com

Orang tua dulu mempercayai bahwa dengan memakan beras (bukan nasi) bisa menghilangkan bau pada mulut kita. Karena itu orang tua dulu ketika sehabis makan jengkol atau pete, mereka biasanya langsung mengunyah beras dan memakannya.

  1. Memakan  Kopi Hitam
coffee powder

chio-butterfly.blogspot.com

Kopi hitam yang baru di tumbuk  dipercaya bisa menghilangkan bau pada mulut kita, caranya ambil satu kepalan kopi hitam yang baru di tumbuk, kemudian makan. Walaupun rasanya pahit tapi kopi hitam ampuh menghilangkan bau mulut.

  1. Berkumur
manfaat daun sirih

obatsakitdalam.blogspot.com

Saat mulut kamu mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka kita bisa mengatasinya dengan cara berkumur. Kamu bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau juba bisa menggunakan air hangat yang sudah di campur garam.

  1. Meminum Susu
susu kental

www.sehatfresh.com

Meminum air susu selain mempunyai kalsium yang tinggi dan enak tentunya, susu bisa mengatasi bau pada mulut kita. Caranya sebagai mana kita akan membuat dan meminum air susu hangat.

  1. Mengkonsumsi Buah – Buahan
fruits

getbunnybox.com

Memperbanyak makan buah – buahan, bisa mengatasi bau pada mulut anda. Jika bau mulut di sebabkan sariawan maka perbanyaklah megkonsumsi buah yang banyak mengandung Vitamin C, karena sariawan bisa kita sembuhkan dengan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung Vitami C.

Adapun buah – buahan yang ampunh mengatasi bau mulut seperti strowberi, lemon, pir dan, jambu biji. Nah, mungkin jika anda sedang mengalami gangguan bau mulut bisa mengatasinya dengan cara tadi. Dan semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply