Penyebab Terjadinya Cedera Hamstring dan Cara Menanganinya

Bagi kamu seorang olahragawan atau juga merpakan olahraga mania pasti sudah tidak asing dengan istilah cedera hamstring.  Cedera hamstring merupakan cedera yang terjadi pada paha yang tepatnya ada pada paha bagian belakang hingga sedikit berada dibawah lutut. Ketiga otot tersebut adalah semimembranosus, semitendinosus, dan otot bisep femoris yang sangat berperan penting pada saat kita melekukan lutut juga meluruskan kaki kebelakang tubuh.

Penyebab Terjadinya Cedera Hamstring

Apabila salah satu dari tiga otot yng telah disebutkan tertarik atau dengan sengaja ditarik melewati batasnya, maka disitulah akan terjadi cedera hamstring. Cedera hamstring biasanya sering menghantui para atlet terutama pada para atlet jenis olahraga seperti basket ball, tenis, sepak bola, dan atlet lari sprint serta jenis olahraga yang berhubungan dengan lari lainya.

Penyebab Cedera Hamstring

pabosi.net

Cedera hamstring sering kali terjadi pada bagian otot bisep femoris  yang letak otot ini berada pada titik pertemuan antara otot dengan tendon.Adapun cedera yang terjadi akibat dari peregangan biasanya seringkali terjadi pada bagian atas paha belakang yang disebut dengan otot semimembranosus.

Terkadang cedera hamstring juga bisa terjadi ketika melakukan gerakan ringan akan tetapi dengan tidak sengaja menarik otot diluar batas kemampuannya. Apabila kita pernah menderita cedera hamstring, kemungkinan besar resiko terkena cedera hamstring yang sama akan terjadi padanya.

Ada beberapa faktor yang kemungkinan besar bisa menyebabkan terjadinya cedera hamstring pada kita seperti karena kelunturan otot yang buruk sehingga otot tidak bisa menahan beban kativitas tertentu, perkembangan otot paha depan dan otot paha belakang yang tidak seimbang, olah raga, serta pernah mengalami cedera hamstring sebelumnya.

Ciri-ciri Terjadinya Cedera Hamstring

Secara umum cedera hamstring ini akan terjadi kepada kita dengan tiba-tiba seperti rasa sakit yang menusuk pada bagian belakang paha dan akan terjadi pembengkakan dalam jangka waktu beberapa jam setelahnya. Selain pembengkakan, gejala yang akan terjadi pada cedera hamstring adalah adanya perubahan warna dan memar pada bagian belakang kaki yang disertai juga dengan melemahnya otot dan tidak mampu untuk berjalan.

Dan apabila terjadi hal-hal seperti berikut ini kami menyarankan kepada kamu agar segera mengkonsultasikannya kepada dokter. Yaitu:

  • Tidak mampu untuk berjalan lebih dari 4 langkah dan tanpa ada rasa sakit yang luar bisa,
  • Cedera hamstring yang kita alami tidak kunjung sembuh, padahal segala upaya penanganan dirumah sudah dilakukan,
  • Kaki yang terkena cedera sama sekali tida mampu untuk menahan beban apapun termasuk beban kaki sendiri.

Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring

Apabila kita terkena Cedera Hamstring, maka alangkah baiknya jika kamu langsung menanganinya dengan cepat agar cedera hamstring yang kita alami lebih cepat pulih. Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan ketika mengalami cedera hamstring:

Penyembuhan Cedera Hamstring

pabosi.net

  1. Istirahat

Ketika kita mengalami cedera hamstring, alangkah lebih baiknya jika kita untuk beristirahat dan tidak melakukan aktifitas yang berat agar otot hamstring bisa beristirahat dan pulih. Disarankan juga bagi para penderita cedera hamstring ini agar menghindari aktivitas yang bisa menimbulkan rasa nyeri, rasa tidak nyaman, dan pembengkakan. Dan alangkah lebih bagus jika kamu langsung berkonsultasi pada dokter yang kamu percaya dan harus mengikuti sarannya.

  1. Es Batu

Cara yang kedua untuk menyembuhkan cedera hamstring yang terjadi pada kita bisa dengan menggunakan es batu. Caranya dengan segera menempelkan esbatu pada bagian kaki yang mengalami cedera, atau mungkin jika ada bantuan medis yang akan datang alangkah lebih baik kamu lakukan cara ini terlebih dahulu hingga bantuan medis datang.

Untuk beberapa hari setelah mengalami cedera hamstring, kamu bisa menempelkan esbatu pada bagian yang sakit selama kurang lebih 15 hingga 20 menit setiap 2 sampai 3 jam sekali. Dingin pada esbatu ini bisa menurangi rasa sakit yang terjadi, pembengkakan, juga bisa mencegah peradangan pada otot. Apabila terjadi perubahan warna pada kulit kamu dengan kata lain pucat ketika kita tempelkan es, maka sebaiknya jangan teruskan cara ini.

  1. Kompres

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mengkompres kaki dengan menggunakan perban kompres elastis sampai pembengkakan berkurang. Yang perlu kita ingat dan perhatikan dalam mengkompres agar tidak terlalu kencang dalam membalut yang bisa membuat aliran darah terhambat, dan apa bila terjadi mati rasa, pembengkakan yang terjadi pada bagian bawah yang di balut atau rasa nyeri yang bertambah maka kamu harus mengendurkan perban kompres.

  1. Elevasi

Cara evalasi merupakan suatu upaya untuk menyembuhkan cedera hamstring. Cara elevasi ini yaitu dengan cara duduk atau bisa juga berbaring dengan posisik kaki terangkat akan tetapi kita tidak dengan sengaja mengangkatnya. Lalu bagai mana cara mengangkat kakinya? Kita bisa menggunakan pengangga untuk mengangkat kaki atau bisa juga dengan menggantung kaki kita sehingga posisi kaki lebih tinggi dari posisi jantung kita.

Kenapa kita melakukan cara ini? Sebab dengan cara ini menimbulkan adanya gaya gravitasi, dan gaya gravitasi sendiri bisa membantu mengalirkan cairan yang berlebihan pada kaki sehingga pembengkakan yang terjadi berkurang.

begitulah penjelasaa singkat tentang cedera hamstring dan pengobatannya yang semoga bisa membantu para pembaca. Akan tetapi pada zaman yang semakin modern ini trlah hadir kinesio tape sebagai alat penggobatan dan pencegah dari terjadinya cedera hamstring dan untuk mendapatkan kinesio tape,  silahkan buka ling di bawah ini untuk pembeliannya.

Jual kinesio tape.”

Leave a Reply