Jenis Ikan Cupang yang Populer Di Indonesia

Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang sudah banyak sekali yang membudidayakannya. Selain keelokan warnanya ikan cupang juga mudah sekali intuk di budidayakan di bandingkan ikan lainnya. Ikan cupang juga sangat kuat bertahan hidup di air yang sedikit dan tempat yang sempit tanpa ada tempat sirkulasi udara.

Ikan cupang memiliki nama ilmiah Betta sp. Ikan cupang juga berasal dari asia tenggara termasuk juga di Indonesia. Jenis ikan cupang sangatlah banyak hingga bisa mencapai 73 spesies yang berbeda. Akan tetapi kebanyakan orang tidak ingin repot dan mereka lebih suka mengelompokan ikan cupang menjadi tiga kelompok yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Pada asalnya ikan cupang semuanya liar akan tetapi sebutan atau pengelompokan cupang hias dan cupanga aduan dilihat dari kebanyakan orang sudah di budidayakan dan di pelihara banyak orang. Sedangkan cupang liar adalah cupang yang hidup di alam bebas seperti di rawa, di sawah, di selokan, di danau, dan tempat lainnya.

Jenis-jenis Ikan Cupang

Sudah di sebutkan di atas, ikan cupang terbagi menjadi 73 spesies yang berbeda akan tetapi kebanyakan orang tidak ingin repot dan mereka lebih suka mengelompokan ikan cupang dari karakteristik yang di miliki cupang menjadi tiga kelompok yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Berikut adalah jenis cupang yang sudah sangat popular di kalangan pecinta ikan hias:

1. Ikan Cupang Halfmoon

Cupang Halfmoon

pabosi.net

Seperti namanya, ikan cupang jenis Halfmoon  mempunyai sirip yang seakan-akan membentuk setengah lingkaran, yang apa bila dilihat dari samping sirip ikan cupang ini akan berbentuk menyerupai bulan setengah. Ikan cupang jenis Halfmoon ini banyak di pelihara karena keelokannya dan kecantikan  warnanya mulai dari warna merah menyala, kuning, dan warna indah lainnya.

2. Ikan Cupang Giant

Cupang Giant

pabosi.net

Keunikan dari cupang jenis ini adalah dilihat dari ukurannya yang besar bukan di lihat dari siripnya ataupun dari ekornya. Ikan cupang ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis cupang lainnya ukurannya bisa mencapai hingga 12 cm.  cupang ini di budidayakan di Thailand yang berasal dari persilangan dari berbagai jenis cupang, oleh sebab itu semua cupang bisa menjadi ukuran besar. Karena ukuran cupang ini besar, maka harga dari cupang ini juga lebih mahal dari yang lainnya.

3. Ikan Cupang Plakat

Cupang Plaka

pabosi.net

Cupang jenis ini merupakan cupang yang sudah banyak di jual dipasaran pada saat ini. Istilah plakat sendiri diambil dari Bahasa Thalilan yang artinya tarung atau laga, karena namanya cupang plakat ini sering digunakan untuk aduan dan sudah banyak diasosiasikan di Thailand. Cupang plakat sangat mudah dikenali karena bentuk siripnya yang pendek, serta warna dari cupang plakat juga tidak mencolok seperti cupang lainnya, dan postur tubuh ikan cupang plakat ini juga cukup besar dan kokoh sehingga sangat cocok untuk aduan.

4. Ikan Cupang Crown Tail

Cupang Crown Tail

pabosi.net

Cupang crown tail ini merupakan salah satu ikan yang  banyak di minati di Indonesia. Dan di Indonesia ikan cupang crown tail sering disebut dengan istilah ikan cupang serit karena memang bentuk dari sirip dan ekornya menyerupai serit. Ikan cupang crown tail juga sangat mudah untuk kita kenali karena keunikan ekornya yang menyerupai mahkota (crown). Ekor yang berbentuk mahkota itu merupakan tulang-tulang ekor yang memiliki serit terpisah antara satu sama lainnya.

Ikan cupang crown tail juga mempunyai banyak sekali ragam warna tubuhnya yang indah lainnya. Serit yang ada pada ikan cupang ini juga yang membuat dia sering dipertandingkan dalam kontes ikan cupang baik di Nasional  maupun Internasional.

5. Ikan Cupang Dauble Tail

Ikan Cupang Double Tail

pabosi.net

Ikan cupang jenis daubele tail ini sekilas sangat mirip dengan ikan cupang halfmoon tapi ternyata ikan jenis ini ada perbedaan sendiri dari jenis halfmoon. Perbedaan yang ada pada ikan cupang dauble tail ini karena memiliki ekor yang terbelah dua seperti bercagak karena karakteristiknya itulah cupang ini di sebut dengan cupang dauble tail.

Cupang jenis dauble tail mempunyai banyak sekali jenis warnanya namun disayangkan spesias daari ikan cupang dauble tail ini sangat sulit untuk dibudidayakan makanya ikan cupang ini sangatlah sulit ditemukan dipasaran dan harganya juga sangatlah mahal karena kelangkaannya itu.

 

Leave a Reply