Manfaat Jamur Cordyceps bagi Kesehatan Tubuh Kita

Mungki sebagian dari kita sudah ada yang tahu tentang Jamur Cordyceps, atau mungkin sangat sedikit dari kita yang tahu tentang jamur ini. Jamur Cordyceps merupakan jenis jamur yang beracun dan juga mempunyai manfaat tersendiri. Jamur ini berasal dari genus ascomycete Fungi yang mempunyai identifikasi spesies sekitar 400 lebih.

Cordyceps dalam Bahasa Latin diartikan Cord yang berati club dan Ceps yang artinya kepala. Pada dasarnya jamur ini sering menyerang serangga dan juga antropoda serta pada beberapa yang memparasit fungi lain. Selain mempunyai kekuatan daya hidup yang sangat kuat, Cordyceps memakanan akar dan batang tanaman kecil dataran tinggi.

Dalam proses pertumbuhannya di dalam tanah selama 2 tahun, jamur ini mampu bertahan tanpa makan dengan waktu yang panjang. Bertahan terhadap cuaca dingin dan oksigen tipis. Sekarang ini, Cordyceps sinensis merupakan spesies dari genus Cordyceps yang paling terkenal.

Jamur Cordyceps memiliki sejarah panjang dalam pemanfaatan jamur sebagai pengobatan. Zurkhar Nyamnyi Dorje Adalah orang yang pertama kali mengnggunaan jamur ini seorang medical yang menguraikan kecendrungan tonic dari Yartsa gunbu(Cordyceps sinensis yang diganti nama Ophiocordyceps sinensis).

Meski tidak sedikit yang mengklaim dengan berulang kali bahwa jamur ini telah digunakan ribuan tahun lalu sebagai obat tradisional dari China, akan tetapi sampai saat ini tidak ada sumber yang jelas mengenai kebenaran tersebut.

Pada buku yang berjudul “Kitab Obat-obatan Herbal Edisi Baru” pada tahun 1757 dan juga pada buku yang berjudul “Kumpulan Kitab Obat-obatan Herbal” pada tahun 1759 dan dari berbagai buku kedokteran China, terdapat catatan rinci tentang Cordyceps Mycellium.

Yang terkandung pada cordyceps adalah kira-kira 7% asam cordyceps sinensis, 25% protein, 8,4% lemak dan 82,2% diantaranya yaitu asam lemak tak jenuh, terkandung 20 jenis asam amino didalamnya termasuk 8 jenis asam amino yang diperlukan tubuh manusia, dan banyak mengandung vitamin, hexoserol, ergosterol, mineral, serta berbagai basa dan enzim biologis.

Berbicara akan Manfaat dari Jamur Cordyceps ini, berikut ada beberapa Manfaat jamur Cordyceps dengan spesies Mycellium untuk kesehatan yang luar biasa. berikur rangkumannya:

Manfaat Terhadap Paru-Paru

Berikut beberapa penyakit yang berhubungan dengan paru-paru yang bisa diobati menggunakan Jamur Cordyceps ini, diantaranya :

Asma, masuk angin berkeringat, napas pendek, TBC, bengek, batuk, serta penyakit paru-paru lainnya.

Mengatasi kekurangan oksigen (hypoxia) dalam paru-paru.

Mengatasi penyakit lemah paru-paru dan juga memperbaharui fungsi gaya mekanik pada sel paru-paru. Memperbesar pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah menuju paru-paru. Menjadikan daya penyembuhan dan pemulihan kesehatan yang menyeluruh terhadap penyakit – penyakit saluran pernapasan.

Manfaat Terhadap Penyakit Hepatitis dan Sirosis Hati

Cordyceps langsung memperbaiki fungsi pada hati, sangat penting sebagai obat pencegah sirosis pada hati. Dewasa ini baik di RRC maupun di seluruh dunia masih belum tercukupi obat mujarab terhadap anti sirosis pada hati. Pengimporan obat pengatur kekebalan yang dikenal sebagai ‘zat penghambat’ kenyataannya tidaklah cocok bagi orang Asia, serta harganya pula yang jauh di atas Cordyceps.

Manfaat Terhadap Daya Tahan Tubuh

Fungsi pengatur kekebalannya bersifat dua arah, selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia, juga memberikan suatu daya pengendalian untuk kekebalan bagi seseorang yang memiliki kekebalan yang berlebih. Cordyceps juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, juga bisa berguna sebagai anti biotik yang alami, serta bisa membantu tubuh melawan kanker dan tumor, meningkatkan daya tahan tubuh serta menurunkan peradangan.

Manfaat Terhadap Jantung dan pembuluh darah

Cordyceps dapat secara pelan dan berkala menambah volume aliran darah menuju pembuluh jantung, menyeimbangkan zat kalsium dan phosphorisasi. Memberi khasiat pemulihan dan penyembuhan yang sangat stabil. Cordyceps juga ampuh dalam menekan terjadinya penumpukan trombosit, daya tekanannya 13,3 % – 48,5 %, sehingga merupakan anti pembekuan darah dalam pembuluh jantung yang mempunyai prospek besar. Menambah volume aliran darah pembuluh jantung.

Manfaat Terhadap Ginjal dan Seksual

Berdasarkan hasil penelitian kedokteran modern, Cordyceps bisa memperbaiki kemampuan mekanisme sel pada struktur ginjal, melancarkan pengeluaran air seni, gelembung-gelembung ginjal, mengurangi dan memperbaiki penyakit pembuluh halus dan juga memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh pemakaian obat-obatan.

Menekan infeksi kronis dan penyakit darah phosphor tinggi. Secara efektif mampu mengendalikan gejala keracunan air seni yang makin parah. Juga bisa digunakan untuk pegal pinggang lemah tungkai, ejakulasi dini, sering kencing malam, lemah ginjal dan lemah paru-paru.

Itulah beberapa Manfaat Jamur Cordyceps Untuk Kesehatan, smoga bermanfaat. Jika ingin menjalani pengobatan herbal dengan menggunakan Jamur Cordyceps, ada baiknya berkonsultasi langsung dengan ahli herbal agar tidak salah dalam memilih obat herbal karena banyaknya ragam dan jenis dari jamur cordyceps yang ada, salah-salah bisa ketemu yang beracun.

Leave a Reply