12 Jenis Ikan Naga Palmas Terbesar yang Ada Di Dunia

Apa Itu Ikan Naga Palmas?

Ikan Naga Palmas– Ikan palmas atau ikan naga palmas merupakan salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Ikan naga palmas ini juga merupakan ikan hias yang berasal dari Afrika Barat yang sering dikenal juga dengan ikan ular atau snake like fish. Ikan naga plasma termasuk ke dalam family Bichiri atau Polypteridae. Karena keunikan tubuh ikan naga palmas inilah sehingga harganya sangat mahal mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 100.000 tergantung pada kecantikannya.

Meski harganya yang lumayan mahal, tidak sedikit dari para pencinta ikan hias yang membeli ikan naga palmas. Ikan naga palmas juga merupakan ikan jenis predator namun uniknya ikan naga palmas memiliki alat pernafasan yang telah termodifikasi dengan sendirinya, sehingga terlihat seperti mempunyai paru paru sehingga ikan naga palmas ini tidak bernafas seperti ikan lainya.

Ikan Palmas

pabosi.net

Pada bagian ikan naga palmas memiliki sepasang sirip yang cukup kuat dan biasanya menggunakan siripnya untuk merayap dank arena memiliki sirip yang kuat inilah ikan naga palmas seringkali berusaha untuk kabur. Karena sebab itulah jika kamu mau memelihara ikan naga palmas kamu harus menutup bagian atas akuairium agar ikan naga palmas tidak bisa kabur.

Meskipun ikan naga palmas memiliki sirip yang kuat, akan tetapi ikan naga palmas ini termasuk kedalam ikan yang memiliki kemampuan berenang yang masih bibawah rata-rata. Akan tetapi dibalik kekurangannya itu, ikan naga palmas memiliki keunikan lainnya yaitu ikan naga palmas Nampak seperti sedang tidak berenang akan tetapi berjalan di dasar air dengan menggunakan sirip dan ekornya dan karenan sebab itu ikan ini di sebut dengan ikan naga.

Untuk membedakan ikan naga palmas sangatlah mudah, kita cukup membedakan ikan naga palmas yang jantan dan betina dilihat dari lebar dari sirip anus. Sebab lebar dari sirip anus ikan naga palmas betina dua kali lebih lebar dibandingkan dengan sirip anus ikan naga palmas jantan. Ukuran ikan naga palmas bisa mencapai kurang lebih 30 cm dan ikan naga palmas ini mampu hidup di dalam air yang mempunyai keasaman mencapai 6,5 hingga 7 dengan suhu ruangan sekitar 16°C hingga 27°C.

Jenis-jenis Ikan Naga Palmas (Polypterus Spesies)

Sebagai mana halnya denga ikan lainnya, Ikan naga palmas juga mempunyai jenis-jenis yang berdeda. Berikut ini kita akan membahas satu per satu jenis-jenis ikan naga palmas:

  1. Polypterus Delhezi (Bared Bichir)

Ikan naga palmas jenis Bared Bichir atau disebut juga dengan Delhezi memiliki ukuran maksimal hingga 35 cm. apabila kamu mau memelihara ikan naga palmas jenis ini di akuarium, disarankan agar menyiapkan akuarium dengan ukuran 120 cm x 45 cm x 37,5 cm dengan volume 200 liter. Dan ikan palmas jenis ini merupakan salah satu ikan naga palmas yang paling populer.

  1. Polypterus Endlicheri Congicus (Congo Bichir)

Ikan Congo Bichir merupakan satu-satunya sub spesies dari spesies endlicheri dan merupakan ikan palmas terbesa diantara yang lainya. Ikan Naga palmas jenis Congo Bichir memiliki panjang tubuh bisa sampai dengan 1,2 meter kemampuannya adalah mampu menghancurkan mangsa dengan cepat karena memiliki rahang yang kuat.

  1. Polypterus Endlicheri Endlicheri (Saddled Bichir)

Ikan naga palmas dari spesies Polypterus Endlicheri Endlicheri ini berasal dari Afrika, dan ukurannya bisa mencapai 50 cm hingga 75 cm. Ikan Polypterus Endlicheri Endlicheri merupaka salah satu ikan naga palmas yang mempunyai ukuran besar.

  1. Polypterus Ornatipinnis (Ornate Bichir)

Ikan naga palmas jenis Polypterus Ornatipinnis atau disebut juga dengan nama Ornate Bichir ini merupakan ikan Palmas yang memiliki tubuh yang cantik. Ukuran tubuh dari Ornate Bichir ini bisa mencapai 50 cm hingga 66 cm tergantung dimana dia hidup.

  1. Polypterus Senegalus (Gray Bichir)

Ikan naga palmas jenis Polypterus Senegalus atau disebut juga dengan sebutan Gray Bichir ini merupakan ikan palmas yang paling populer dan sudah banyak ditemukan dipasaran. Ukuran tubuh dari iakn naga palmas jenis ini hanya mencapai 35 cm saja dan yang paling populer dari spesies Polypterus Senegalus adalah jenis albino.

Polypterus Senegalus termasuk kedalam Upper Jaw Bichir yang memiliki arti bibir atas lebih panjang disbanding bibir bawah

  1. Polypterus Palmas Palmas (Shortfin Bichir)

Ikan naga palmas Jenis Shortfin Bichir ini memiliki panjang tubuh maksimal hingga 30 cm. ikan palmas jenis ini mempunyai ciri-ciri yang sama dengan ikan palmas jenis polli dan ikan palmas jenis buetikoferri. Untuk membedakan ketiga ikan palmas ini menurut para ahli yang sudah berpengalaman dengan cara melihat siripdorsalnya.

Ikan naga palmas jenis ini sendiri memiliki sirip dorsal 7 hingga 9, dan warna dasar ikan palmas jenis ini adalah abu-abu yang kekuning-kuningan denganmarking berupa titik hitam yang membentuk garis yang vertical.

  1. Polypterus Palmas Butterkoferi  (Butterkoferi Bichir)

Ikan naga palmas jenis Butterkoferi Bichir ini adalah salah satu sub spesies dari spesies Polypterus Palmas. Secara Visual, ikan palmas jenis Butterkoferi Bichir sangat mirip sekali dengan jenis Shortfin Bichir, dan hingga saat ini untuk membedakan kedua ikan tersebut sangat susah dan belum ada cara mudah dalam membedakannya.

  1. Polypterus Palmas Polli (Polli Bichir)

Ikan naga palmas dari spesies Polypterus Palmas  Polli ini merupakan satu satuna ikan palmas yang bisa kita temukan di sungai Great Kongo. Ikan palmas jenis Polli Bichir ini mempunyai warna coklat zaitun dengan ronanya yang kehijau-hijauan serta pola berbintik-bintik kusam dank arena itu ikan palmas jenis Polli Bichir mudah dibedakan dari sub spesies Polypterus Palmas.

  1. Polypterus Ansorgii (Guinean Bichir)

Ikan naga palmas jenis Polypterus Ansorgii atau bisa disebut Guinean Bichir ini berasal dari Guinea Afrika dan memiliki diameter tubuh atau ukuran tubuh sekitar 30 cm.

  1. Polypterus Mokelemebmeb (Mokele-Mbembe Bichir)

Ikan naga palmas jenis Polypterus Mokelemebmeb ini sebelum di deklarasikan dikenal dengan Polypterus Retopinnis. Ikan palmas jenis Polypterus Mokelemebmeb memiliki warna kuning kecoklatan pada bagian punggungnya dan terkadang memanjang. Ukuran tubuh ikan naga palmas jenis ini sekitar 30 cm hingga 35 cm.

  1. Polypterus Bichir Lapradei (Lapradei Bichir)

Ikan naga palmas jenis Lapradei Bichir merupakan sub spesies dari Polypterus Bichir dan penampilannya juga sangat mirip sekali dengan ikan palmas jenis Nile atau Nile Bichir. Keduanya mempunyai pola garis sejajar mulai dari kepalanya hingga pada ekor, dan yang membedakan diantara keduanya yaitu jumblah sirip pada punggung. Ikan palmas jenis ini lebih sedikit sirip dorsalnya disbanding dengan Nile Bichir.

  1. Polypterus Weeksii (Mottled Bichir)

Ikan naga palmas jenis Mottled Bichir ini memiliki warna pada bagian tubuh kuning kehijau-hijauan yang gelap dan warna di bagian perutnya kuning terang. Kepala ikan palmas jenis Mottled Bichir relative besar dank arena itu juga ikan jenis ini di kenal juga dengan nama Fathead.

Ukuran ikan palmas jenis Mottled Bichir ini bisa mencapai  40 cm hingga 57 cm tergantung d mana dia hidup.

  1. Polypterus Teugelsi (Cross River Bichir)

Ikan naga palmas jenis Cross River Bichir ini ditemukan pada tahun 2004 di daerah sekitar kamerun yang awlanya diberi nama Polypterus sp. “Cameroon”. Warna tubuh dari ikan palmas jenis ini adalah kuning yang kecoklat-coklatan, dan warna hitam menutup hampir seluruh tubuhnya, jika orang yang belum tahu ikan palmas jenis ini akan mengira bahwa warna dasarnya adalah hitam.

Tidak seperti jenis Ikan palmas yang lainnya, Cross River Bichir ini mempunyai tubuh yang unik memanjang seperti ular. Ikan plasma jenis ini juga memiliki tubuh yang tidak menggemuk setelah berukuran 20 cm melainkan akan bertambah panjang , tidak seperti jenis ikan naga palmas lainnya.

 

Leave a Reply