Contoh-contoh Kerajinan Dari Bambu yang Unik

Apa itu bambu…?

Bambu  adalah tanaman yang termasuk kedalam jenis  rumput – rumputan yang mempunyai ruas dan rongga. Nama lain dari bambu sendiri adalah aur, eru, dan buluh. Jenis – jenis bambu di indonesa sangat banyak dan bervareasi diantaranya seperti  bambu hijau, bambu hitam, bambu kunig, bambu apus, bambu pagar, bambu besar dan masih banyak jenis jenis bambu lagi.

Dan kualitas bambu sangat berfareasi tergantung dengan kebutuhan, misalkan untuk membuat kursi maka kita bisa menggunakan jenis bambu yang kuat dan lumayan tebal dan mempunyai waarna yang bagus, seperti bambu hitam ataupun bambu kuning tergantung keinginan masing – masing, lihat contoh – contoh jenis bambu pada gambar dibawah,

bamboo-1028699_960_720

bambu kuning.com

 

itulah beberapa contoh dari jenis – jenis tanaman bambu dari sekian banyak jenis tanaman bambu yang ada di indonesia. untuk menemukan pohon bambu, kita bisa menemukan di mana -mana tapi untuk sekarang untuk mememukan pohon bambu hanya bisa kita temukan di pedesaan dan perkampungan, karena di perkotaan sudah susah meneukannya disebabkan lahan tanah banyak di gunakan untuk membangun gedung, rumah, dan bangunan – bangunan lainya.

Pohon bambu juga mempunyai banyak manfaat seperti rebungnya untuk di makan (tunas bambu), obat penyakit liver dan asam urat, pereda batuk, untuk bagunan dan juga kerajinan. di pedesaan biasanya banyak menggunakan pohon bambu ini sebagai bahan bangunan, media pengaliran air, dan juga untuk kerajinan tangan.

Biasanya orang  pedesaan menggunakan pohon bambu untuk bahan bangunan dan juga untuk media lainnya, selain itu pohon bambu digunakan untuk kerajinan tangan  seperti :

1.Perlengkapan rumah tangga

Ada banyak sekali perlengkapan – perlengkapan rumah yang terbuat dari bambu yang sangat bagus dan berkualitas tinggi dengan harga yang lumayan seperti : kursi, meja, ranjang, dan lemari.

DSC00096

kursi

2. Alat rumah tangga

Ada juga yang menggunakan bambu menjadi alat – alat perlengkapan rumah tangga seperti alat alat makan.

kerajinan bambu

 

3. Anyaman bambu

anyaman bambu merupakan kerajinan khas dari indonesia, anyaman bambu merupakan anaman dari bambu yang sudah di kecilkan sesuai dengan apa yang akan kita buat, ada banyak sekali anyaman dari bambu seperti kipas, bakul, lampu hias, boboko, dan bilik rumah.

 

anyaman bambu

 

Jika kamu tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari bambu, kamu bisa memulai belajar dengan membuat anyaman bambu yang sederhana terlebih dahulu. Selain bisa digunakan untuk kepentingan sendiri, kamu juga bisa menjual anyaman dengan harga yang tinggi. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat anyaman dari bambu.

 

  • Langkah awal untuk membuat anyaman dari bambu, kamu harus menyiapkan bambu. Pilihlah bambu yang tua akan tapi jangan memilih bambu yang terlalu tua, karena akan sulit untuk dibentuk menjadi kerajinan anyaman bambu. Begitu pula jika kamu menggunakan bambu yang masih muda akan sangat sulit untuk membentuknya sebab, masih banyak memiliki serat bambu yang tajam.

 

  • Berikutnya ketika memilih bambu yang akan dipotong perhatikan ruas bambunya. Ambil bambu yang mempunyai buku (ruas) yang sejajar. Setelah bambu tersedia, siapkanlah alat-alat seperti gergaji, pisau surut, paku ukuran kecil dan juga parang yang nantinya akan digunakan untuk membuat anyaman dari bambu.

 

  • Sebaiknya langkah pertama bagi pemula dalam belajar membuat anyaman, alangkah lebih baiknya kamu membuat kerajinan yang sederhanan seperti kipas, dan juga bilik anyaman. Belahlah bambu secara singkron dengan ruasnya, potonglah dengan rapi menggunakan parang atau bisa juga menggunakan gergaji. Setelah pemotongan bambu, jemurlah bambu di bawah sinar matahari langsung untuk menghilangkan air yang terkandung pada bambu. pastikan bambu benar-benar kering.

 

  • Setelah bambu benar-benar kering, belah bambu secara vertikal sehingga kamu bisa mendapatkan lekukan bambu yang konkaf menjadi dua bagian. Lalu rautlah bambu dengan menjadi beberapa potongan tipis dengan hati-hati dengan menggunakan pisau yang tipis dan tajam dan usahakan jangan sampai rautan bambu terlepas di tengah jalan.

 

  • Setelah semuanya siap, selanjutnya adalah menganyamnya. Ingat kunci dari menganyaman sendiri adalah memiliki keterampilan dasar selain itu kamu harus memiliki keuletan serta ketekunan dalam membuat anyaman bambu ini.

 

  • Masuki proses penganyaman bambu kamu harus menyiapkan dua helai potongan bambu, satu bambu menghadap ke kulit bambu, yang satunya lagi menghadap ke daging. Lalu siapkan satu helai potongan bambu yang panjang untuk sumbu, sumbu satunya bagusnya dengan ukuran yang berbeda, tujuannya untuk mempermudah saat menganyam bambu.

 

  • Buatlah sebuah sudut anyaman dengan cara menyilangkan kembali anyaman loka sebaliknya. Setelah itu lipat irisan bambu agar sejajar dengan bagian sumbu bagian tengah. Untuk hitungan pada anyaman sebaiknya menggunakan hitungan satu tiga satu. Hitungan anyaman ini yang paling sederhana dalam membuat sebuah anyaman.

 

Itulah sedikit ilmu dasar dari cara membuat kerajinantangan anyaman dari bambu yang semoga bisa bermanfaat bagi kamu para pembaca.

 

4. Aksesoris lainnya

Bagi kalian yang suka mengkoleksi miniatur – miniatur atau aksesoris lainnya, ini dia aksesoris – aksesoris yang keren dari bahan bambu yang bisa menambah koleksi di lemari koleksimu. Selain contoh – contoh di atas yang telah di sebutkan ada juga aksesoris yang terbuat dari bambu yang mempunyai nilai pasar yang lumayan tinggi, seperti miniatur dan gantungan kunci.

miniatur-kapal

DSCN0215

5. Alat musik

Bagi kamu yang suka dengan musik kamu bisa memainkan musik dengan alat musik dari bambu yang mempunyai hasil musik yang tidak kalah bagus dan enak didengar dengan alat – alat musik lainnya. seperti alat – alat musik yang terbuat dari bambu  seperti angklung, calung, gembang dan seruling, dan masih banyak lagi. mari kita lihat contoh – contoh alat musik dari bambu pada gambar di bawa,

Oleh-oleh-Saung-Angklung-Udjo

 

Mungkin itulah sekilas dari berbagai contoh – contoh dari kerajinan dari bambu, yang saya ambil dari berbagai web. Mari kita  buka mata buka hati, dan gerakan tubuh kita mari kita berkereasi dengan benda yang ada di sekitar kita. Jangan takut jangan khawtir jika kita ingin menjadi orang sukses maka lakukanlah metode “DUIT” Do’a, Usha, Ikhlas, dan Tawakal.

Semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. Alris April 4, 2016
    • ghilad April 4, 2016

Leave a Reply