Khasiat Bawang Merah

Bawang berah dalam bahasa latin disebut  Allium ascalonicum ,. merupakan tumbuhan dalam  family Alliaceae. Pada umunya bawang merah mempunyai bau yang begitu khas yang tajam.

Pada umumnya bawang merah digunakan sebagai  bumbu dapur yang wajib, sebagai penyedap dan pewangi bau masakan.  Namun di balik pengolahan yang sederhana, bawang merah memiliki efek dan khasiat yang baik bagi tubuh kita. Karena bawang merah memiliki senyawa positif seperti  sikolaliin, metialiin, dihidroaliin, saponin, kuersetin, peptide, fitohormon, senyawa flavonoid, berbagai macam Vitamin dan zat pati serta minyak atsiri.

Baca juga Nutrisi Hidroponik.

Harus kita ingat, jika bawang yang sudah dipotong harus langsung kita gunakan. Karena bawang yang sudah dipotong merupakan tema berkembang biaknya bateri meskipun kita menyimpan  potongan bawang di lemari pendingin. Jadi, jika irisan bawang sudah di simpan lebih dari satu hari maka kita harus membuannya.

Manfaat bawang merah yang membuat fenomenal dalam dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Juga bisa dijadikan sumber antioksida yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh kita.

Manfaat bawang merah bagi kesehatan

manfaat bawang

www.allcreated.com

Mungkin kita belum menyadari  banyaknya manfaat bagi kita untuk kesehatan, karena selama ini bawang merah hanya di simpan di dapur. Kali ini saya akan coba membeberkan manfaat dan khasiat bawang merah bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Menyembuhkan sembelit

Serat yang dikandung bawang merah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak di dalam usus,  serta membantu toksin maupun zat makanan yang sulit dicerna dan dikeluarkan usus. Jika anda sedang menderita sembelit maka anda jangan segan untuk makan bawang merah mentah.

  1. Masalah pendarahan
pendarahan hidung

www.newhealthadvisor.com

Bawang merah merupakan salah satu obat yang ampuh untuk menyembuhkan hemoroid dan wasir. Bahkan, anda juga dapat menggunakan bawang merah untuk mengobati pendarahan hidung atau di sebut dengan mimisan. Caranya cukup mengiris bawang lalu di hirup secara perlahan.

  1. Mengurangi resiko diabetes

Mengkonsumsi  bawang merah mentah dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin yang bisa mengontrol diabetes. Jadi , jika anda menderit diabetes perbanyak memakan bawang mentah secara teratur.

  1. Melindungi jantung dan mengontrol kadar kolestrol

Bawang merah memiliki zat kuersetin   dan mengandung  sulfida methylallayl  serta asaam amino sulphur yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan memberikan efek penurunan pada kadar kolestro jahat dalam darah serta peningkatan pada kadar kolestrol baik. Sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.

  1. Mencegah kanker

Ternyata bawang merah juga memiliki kandungan senyawa sulfhur  yang dapat mengurangi terjadinya resiko kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal.  Meskipun mekanisme yang tepat di mana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun, beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

Mungkin itulah beberapa  manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh kita, dan masih banyak lagi dari manfaat  bawang merah bagi kesehatan.

Resiko bawang merah bagi kesehatan

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, begitu juga dengan bawang merah yang meskipun banyak manfaat  tapi juga mempunyai resiko bagi kesehatan. Meskipun tidak serius, memakan bawang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi sebagian orang. Seperti  memakan bawang mentah dapat memperburuk mulas pada  penderita penyakit maag kronis atau refluks lambung.

sakit maag

www.livestrong.com

Karbohidrat yang terkandung dalam bawang merah juga bisa menyebabkan gas dan membuat perut kembung. Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan atau alergi terhadap bawang tapi ini adalah kasus yang arang terjadi. Orang yang mengalami alergi bawang merah akan mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang merah tersentuh pada kulit. Orang dengan intoleransi terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lain pada lambung.

Mungkin itulah sedikit pembeberan manfaat bawang merah serta resikonya semoga bisa membatu anda dan bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply