Makanan Khas dari Seluruh Kabupaten di Banten Bikin Lidah Terus Bergoyang

peta-banten

fastrans22.blogspot.com

Mencicipi makanan atau masakan suatu daerah sudah menjadi kebiasaan seseorang jika berkunjung ke suatu daerah. Tapi, terkadang seseorang tidak mengetahui apa masakan atau makanan khas dari daerah tersebut, Sehingga mereka harus mencari dengan susah payah.

Nah, begitu juga dengan daerah Banten tersendiri. Untuk anda yang sedang berkunjung ke daerah Banten, jangan lupa cicipi masakan atau makanan khas dari Banten. Berikut ini saya akan mencoba menguraikan beberapa makanan atau masakan khas Banten dari daerah atau kabupaten yang ada di Banten.

Pandeglang

pandeglang

www.panoramio.com

Pandeglang merupakan bagian dari provinsi banten yang berda di sebelah barat pulau jawa, sekitar 100 km dari ibukota Jakarta, yang mempunyai simbol daerah badak bercula satu. Pandeglang merupaka salah satu daerah yang mempunyai wisata pantai seperti, tanjung lesung, pantai carita dan, pulau umang.

Berikut ini beberapa makanan khas dari pandeglang :

  1. Emping Melinjo (tangkil)
emping-pandeglang-original

jualemping.com

Emping melinjo merupakan makanan ringan yang terbuat dari melinjo atau di sebut tangkil  yang mempunyai banyak pilihan rasa, seperti emping manis, balado, dan original atau gurih. Bahan utama dari emping adalah melinjo sendiri, pohon melinjo juga banyak tumbuh di daerah pandeglang.

  1. Opak
opak-khas-pandeglang

www.jelajahgarut.com

Opak terbuat dari beras ketan  yang di tanak kemudian di campur dengan santan dan bumbu lain yang kemudian di cetak bulat lalu di jemur dan di paggang. Biasanya peroduksi opak ini dari daerah Malingping – Cikesik – Pandeglang.

  1. Apem Putih
apem-putih-pandeglang

indonesiana.merahputih.com

Apem putih adalah makana yang biasanya di jadikan menu buka puasa yang bisa di campur dengan gula merah, madu, dan orson, tergantung selera. Apem putih produksinya di daerah CImanuk – Pandeglang.

  1. Balok Menes
balok-menes-pandeglang

indonesiana.merahputih.com

Mungkin orang ketika mendengar balok langsung berpikir balok kayu yang keras. Karena  balok merupakan makanan khas pandeglang yang terbuat dari singkong dan ampas kelapa (serundeng), yang memang bentuknya seperti balok. Balok ini ada dua macam, balok cioda dan balok menes tersendiri.

Nah, itulah beberapa makanan khas dari Banten yang terdapat di Pandeglang – Banten, yang bisa anda cicipi ketika berkunjung di Pandeglang – Banten.

Rangkas Bitung

al-'arof-rangkasbitung

www.panoramio.com

 

Rangkasbitung merupakan kabupaten yang ada di provinsi Banten, yang mempunyai makanan khas yaitu kue jojorong dari Rangkasbitung – Banten, yang terbuat dari tepung sanji dan tepung beras dan, gula merah yang di bungkus di daun pisang.

jojorong-rangkasbitung

indonesiana.merahputih.com

Serang

masjid-agung-serang

www.panoramio.com

Serang merupakan salah satu kabupaten sekaligus ibukota provinsi banten.   Kota Serang mempunyai masakan khas tersendiri yang harus kamu cicipi,  karena makanan khas Serang berbeda dari yang lain.

  1. Nasi sumsum
nasi-sumsum-serang

nurulnoe.com

Nasi sumsum, nasi yang di pepes dan berisikan sumsum tulang yang gurih dan di olah dengan bumbu yang di tumbuk agar citra rasa yang khasnya terasa di lidah. Nasi sumsum hanya dapat anda temukan di Serang sendiri, apa lagi nasi sumsum enak di santap ketika masih panas dan ditambah dengan menu tambahan seperti sate  lidah kerbau atau otak – otak.

  1. Nasi Uduk Serang
nasi-uduk-serang

warungbuken.blogspot.com

Nasi uduk pada umumnya bisa di temukan di semua daerah, tapi nasi uduk yang ini beda dengan nasi uduk yang lain. Kunci rasanya terdapat pada aroma yang khas dari rempah  asli serang, dan seriap porsi nasi di lengkapi  tempe goring, bakwan, sayur temped an, ambal telur pedas.

  1. Sate Bandeng

 

 

Madura terkenal dengan kuliner satenya yang super enak, tapi jangan salah, kota Serang juga mepunyai sate khas serang tersendiri yang terbuat dari daging ikan bandeng,  lain halnya dengan Madura yang menggunakan daging sapi. Sate bandeng khas Serang rasanya gurih karena daging ikan bandeng sudah di campur dengan bumbu dan rempah yang pas.

  1. Rabeg Banten
Rabeg-Kambing-serang

cookpad.com

Rebeng merupakan makanan khas Banten yang terbuat dari daging dan jeroan kambing yang mempunyai citra gurih dengan segarnya serai dan daun jeruk bersama rempah dan cengkeh serta di tambah dengan kayu manis.

Tanggerang

 

 

Tanggerang  salah satu daerah di banten yang juga mempunyai makanan khas tersendiri.

  1. Bebek Sate
bebek-sate-tangerang

ensiklopediaindonesia.com

Bebek sate atau sate bebek adalah makana khas Tanggerang yang banyak di cari oleh orang – orang dari luar kota maupun orang tanggerang sendiri.  Bebek di olah dengan cara khusus agar aginya empuk dan bumbunya menyerap ke dalam daging sehingga menghasilkan rasaa yang lezat dan pas di lidah.

Bebek sate menggunakan bumbu santan, ketumbar, merica, dan rempah rahasia lainnya yang menciptakan yang luar biasa.

  1. Kue Jojorong
kue-jojorong

www.pinterest.com

Kue jojorong merupakan kue yang khas dan memiliki rasa yang khas pula, dengan cara pengolahan yang manual. Kue jojorong merupakan jajanan yang tergolong berbobot tinggi  serta mempunyai rasa yang luar biasa nikmat. Kue jojorong ini terbuat dari tepung beras, tepung keranji dan gula merah.

  1. Gerem Asem
gerem-asem

blogsarifhidayat.blogspot.com

Makanan khas yang satu ini sangat cocok di santap pada siang hari, karena memiliki rasa asam dan pedas. Danterbuat dari bahan dasar daging ayam atau daging bebek.

  1. Laksa Tanggerang
laksasaritangerang

food.detik.com

Laska tanggerang merupakan makanan yang berbahan mie berwarna putih dari beras, ukuranya pun lebih besar dari mie kuning. Tekstur mienya lebih kasar di banding mie kuning, dan mempunyai  rasa kuah yang gurih dan tida akan merasa eneg meskipun menggunakan santan.Ketimbang laksa betawi dan laksa bogor, isi laksa tanggerang lebih simple dan sederhana.

 

Itulah beberapa makanan khas Banten, untuk anda yang suka mencicipi makanan jangan lupa cicip juga makanan khas dari baten yang rasanya insya Allah tidak mengecewakan, selamat mencoba.

Leave a Reply