Menuai Banyaknya Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Apa Itu Cuka Apel?

Cuka apel merupakan hasil produksi dari sari apel yang sudah di fermentasi, dan sari apel murpakan cairan yang tidak terkandung di dalamnya gula buatan dan juga tidak mengandung alcohol. Selama pada waktu  proses fermentasi, sari apel akan dicampur denga ragi yang didalamnya ada bakteri baik yang mampu memecah gula alami ini menjadi alcohol dan cairan ini yang nantinya akan dipakai untuk membuat cuka.

Setelah kita tahu apa itu cuka apel, selanjutnya kita akan membahas apa saja manfaat yang bisa kita dapat dengan meggunakan cuka apel ini, dan berikut ini adalah ulasanya:

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat cuka apel bagi kesehata yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan cuka apel ini. Cuka apel digunakan sebagai pengobatan dari berbagai macam penyakit, sehingga dikatakan  ternyata Hippocrates sudah memakainya sebagai antibiotik dalam mengobati pasien yang dia obati. Dan berikut ini akan kita bahas tentang pemakaian cuka apel sebagai pengobatan.

  1. Didalam cuka apel terkandung banyak sekali nutrisi yang peting diantaranya klorida, fosfor, kalsium, kalium, natrium, vitamin A, vitamin B (B1, B2, dan B6), Vitamin C, Vitamin E, pectin, magnesium, dan juga tembaga. Nutrisi yang terkandung dalam  cuka apel ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.
  2. Cuka apel bisa kita gunakan untuk menyembuhkan diare, sebab di dalam cuka apel ini terdapat pectin yang merupakan serat larut di dalam air. Untuk menggunakan cuka apel sebagai obat diare, bisa dilakukan dengan cara mencampurkan cuka apel dengan air yang kemudian kita minum.
  3. Cuka apel yang sudah dicampur dengan madu dan air hangat bisa mengurangi gangguan pada pencernaan dan gejala lainya seperti gastritis, pyrosis, serta kembung.
  4. Cuka apel bisa membantu mengatasi proses penyembuhan sinusitis dengan cara mencampurkan cuka apel dengan air lalu di minum, dan selain itu bisa mengobati hidung yang tersumbat.
  5. Cuka apel bisa mengatasi cegukan, dan juga bisa mengurangi sesak pada diafragma dan bisa membantu peningkatan sekresi asam lambunng.
  6. Cuka apel bisa membantu menghilangkan bau badan, dengan cara menerapkan pada ketiak agar bau badan hilang dan kamu bisa merendam kaki pada larutan cuka apel yang hangat untuk menghilangkan bau pada kaki.
  7. Ambil cuka apel kemudian camurkan dengan segelas air dan ditambah madu serta jahe yang sudah ditumbuk lalu berkumurlah menggunakan air tadi untuk mengobati sakit tenggorokan dan juga bisa mengobati batuk, susah buang air besar dan juga bisa mengurangi kedinginan.
  8. Cuka apel ini mingandung enzim sera asam amino yang mampu membantu penetralan asam laktat. Selain itu cuka apel juga kaya akan kandungan elektrolit yang mampu menghilangkan kelelahan dan lesu.
  9. Cuka apel bisamembantu enghilangkan kram yang terjadi pada kaki sebab cuka apel mempunyai kandunga yang bisa melarutkan Kristal asam urat. Caranya caampurkn madu dengan cuka apel kedalam air lalu mini.
  10. Cuka apel bisa menghilangkan bau mulut, serta mampu menyembuhkan radang pada gusi maka dari itu jika kamu mengalami bau mulut dan radang gusi berkumurlah menggunakan cuka apel.
  11. Cuka apel terbukti bahwa bisa membantu dan mempertahankan tingkat gulkosa pada darah sebab cuka apel memiliki efek antiglisemik.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari cuka apel semoga bermanfaat dan semoga bisa menambah wawasan kita.

Leave a Reply