Manfaat Lintah

Lintah, sekilas mungkin terbayang hewan berlendir yang menjijikan.  Lintah sering kali yang kita tahu adalah hewan yang suka hidup di air dan juga hewan yang suka menghisap darah. Hewan  lintah ini kadang sangat menakutkan, namun dibalik hal itu semua lintah ternyata punya banyak manfaat dala dunia kesehatan.  Manfaat dari lintah adalah sebagai berikut ; 

1.Terapi Menggunakan Lintah

terapi-lintah

hardianimalscience.wordpress.com

Mungkin anda sering atau  pernah mendengar istilah  terapi lintah?. Terapi menggunakan lintah,  bias  melancarkan  sirkulasi aliran darah sehingga peredaran darah pun menjadi lancar. Terapi ini memanfaatkan gigi kecil penghisap yang terdapat pada mulut lintah untuk penghisap darah kotor yang ada pada tubuh kita

US Federal Drug Administration menggolongkan lintah sebagai alat medis, karena dapat menghentikan darah yang mengalir setelah  operasi. Proses terapinya tergolong sangatlah mudah,  sebanyak 2-3 lintah diletakkan pada titik  badan pasien tergantung kasus penyakit yang di derita. Terapi kurang lebih di jalani selama 40 menit, dan setelah selaesai  mengisap darah, lintah akan jatuh sendiri. Sebelumnya lintah melepaskan diri, lintah akan memproduksi hirudin yang bisa membekukan darah sehingga ketika lintah sudah terlepas, darah  tidak akan keluar lagi dari bekas isapan tadi.

2. Lintah Dalam Bidang Pembedahan dan Operasi Plastik

Lintah juga mempunyai peranan  yang  penting dalam membantu transplantasi jaringan tubuh sekaligus memperbaiki sirkulasi peredaran darah.

Efek  dari amputasi yang dilakukan pada anggota badan terkadang ikut memengaruhi pembuluh darah. Tentunya apabila hal ini dibiarkan akan mengganggu sistem pada tubuh. Dalam hal ini, khasiat lintah yang dimanfaatkan adalah kemampuannya yang bisa merangsang pergerakan aliran darah sehingga sistem dalam tubuh dapat berkerja dengan normal.

Ketika operasi plastik, jika dijumpai jaringan yang ikut mati akibat proses operasi, lintah dapat mengembalikan fungsi jaringan tersebut melalui zat yang dikandungnya. Lintah juga digunakan disaat proses mastektomi (operasi pengangkatan payudara) untuk menghilangkan darah dari pembuluh vena yang dapat masuk ke dalam perut.

  3. Lintah sebagai alternatif pengobatan radang sendi (arthritis)

Sendi menjadi kaku disebabkan aliran darah yang terbatas pada daerah sendi. Lama kelamaan, bagian sendi yang sakit akan membengkak. Radang sendi biasanya terjadi tiba-tiba.

Ketika para Peneliti menggunakan lintah sebagai terapi alternatif penyembuh radang sendi mereka mendapatkan keberhasilan. Ketika lintah ditempelkan pada area yang sakit, lintah akan menghisap darah pada daerah kotor di sekitar sendi, sehingga aliran darah kembali menjadi normal. Selain itu, rasa kaku akan hilang dan bengkak akibat arthritis juga dapat berkurang.

lintah-kesehatan

masterlintah.com

4. Lintah berkhasiat dalam mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi)

Penelitian sains modern telah membuktikan bahwa zat antikoagulan yang terkandung dalam air liur lintah dapat mengobati tekanan darah tinggi sekaligus penyakit yang berhubungan dengan jantung lainnya. Hal ini disebabkan zat hirudin yang bisa mengurangi tekanan darah pada dinding pembuluh darah dan mengakibatkan menurunnya tekanan darah pada penderita hipertensi. Pengobatan ini biasanya memakan waktu hingga 2-4 jam.

Menggunakan lintah tentu akan memperkecil efek negatif yang diakibatkan menggunakan  obat dan berbagai zat kimia. Terapi menggunakan lintah tidak membutuhkan ruangan khusus. Selain itu, lintah juga dapat diperoleh dengan mudah dengan harga yang terjangkau, bahkan kita dapat mendapatkannya di lingkungan sekitar ketika musim kemunculannya datang.

5. Minyak Lintah

cara-membuat-minyak-lintah

www.caramembuatminyak.com

Minyak lintah bisa mengatasi permasalahan orang dewasa yang sudah berkeluarga, seperti lemah syahwat.

Untuk khasiat minyak lintah adalah sebagai berikut :

1.BesarPanjangdanTegang,

2.TahanLama,

3.Menambahkannikmatdalampersetubuhan,

4.Menguatkanzakar,

5.Memulihkankeanjalanuratsalurankencingdanairmani,

6.Memulihkanuratkemaluan.

mungkin itulah beberapa manfaat dari lintah, semoga bermanfaat.

3 Comments

  1. Reza Andrian April 2, 2016
  2. fanny fristhika nila April 22, 2016
    • ghilad April 22, 2016

Leave a Reply