Oleh-oleh Khas Banten yang Harus Kamu Bawa Pulang

Hari libur merupakan hari yang sangat cocok jika digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Ditambah jika kita menggunakan waktu libur kita untuk pergi menikmati keindahan alam seperti pantai dan pegununga. Provinsi Banten merupakan daerah yang bangak sekali tempat bersibur seperti pantai, cagar alam, gunung dan masih banyak.

Biasanya jika orang yang berlibur ke Banten sering pergi kepantai ditambah pantai di Banten masih terbilang sangat bersih. nah siapa yang mau berlibur ke Banten yang indah dan asri ini? Tentunya tidak penting bagi kita akan berlibur kemana bersama keluarga, yang terpenting adalah jika setelah berlibur tapi kita tidak membawa apa-apa dari sana.

Begitu juga jika kamu berlibur ke daerah Banten rasanya kurang lengkap jika belum membeli oleh-oleh khas Banten. Mungkin jika kita masih berlibur di Banten, kita bisa menikmati makanan dari Banten dan itupun tidak bisa dibawa pulang kerumah, nah ini dia oleh-oleh dari Banten yang harus kamu bawa untuk keluarga yang dirumah.

  1. Gipang

Gipang Khas Banten

pabosi.net

Gipang merupakan makanan khas dari banten yang sangat awet jika disimpah. Terkada orang-orang banten suka sekali membuat kue gipang ini ketika ada momen seperti idul fitri dan idul adha. Kue gipang sendiri terbuat dari beras ketan yang sudah digoreng yang kemudian dicampur dengan gula merah yang sudah diberi sedikit asam jawa.

Tekstur dari gipang sendiri adalah manis yang sedikit asam dan renyah ketika digigit. Untuk gipang sendiri banyak sekali macamnya ada yang diberi kacang dan variasi yang berbeda. Harga gipang sangatlah murah yang biasanya dijual kisaran Rp. 10.000 sampai dengan harga Rp. 12.000 tergantung banyak dan varian.

  1. Emping Melinjo

Emping Menes

pabosi.net

Emping merupakan makanan ringan seperti kerupuk akan tetapi cara pembuatan emping ini sangat jauh beda sekali dengan cara pembuatan kerupuk. Emping dibuat dari biji melinjo yang di pasak dedalam pasir panas (dalam istilah sunda disebut sangrai) dan kemudian di pukul dengan alat kusus hingga menjadi gepeng dan kemudan di jemur hingga kering.

Biasanya emping ini memiliki banyak sekali rasa dan ukuruan ada yang rasa gurih, balado, dan manis. Sedangkan untuk ukuran ada ukuran satu, dua hingga seterusnya. Emping melinjo ini sangat cocok jika menemani anda ketika memakan nasi goreng, sebagai camilan, dan lain sebagainya.

Harga emping melinjo juga sangatlah variatif tergantung dimana kamu membelinya dan tergantung dengan ukuran rasanya.

  1. Sate Bandeng

Sate Bandeng Serang

pabosi.net

Sate bandeng adalah makanan khas dari banten ya konon merupakan ide dari raja pada abad ke 16 yang ingin menjamu tamunya dengan maskan bandeng tanpa duri. Hingga saat ini sate bandeng sudah menjadi makanan kas dari banten yang sangat populer dan sudah banyak orang yang mengenalnya.

Untuk membuat sate bandeng ini sebenarnya gampang-gampang susah, bagi yang baru pertama kali membuatnya akan terasa sangat sulit. Sate bandeng dibuat dengan santan kelapa yang di padu dengan sangrai ketumbar yang kemudian dipanggang.

  1. Kue Satu

Kue Satu Banten

pabosi.net

Kue satu merupakan kue kering dari banten yang terbuat dari kacang ijo namun seiring waktu berlalu kue satu ini sudah banyak variannya mulai dari ukuran, bentuk, dan rasanya. Kue satu sendiri sangatlah awet jika disimpan lama dan terkadang tidak bisa di simpan karena sudah habis termakan .

Biasanya orang-orang di banten membuat kue ini ketika hari raya dan iven lainnya dank arena keenakanya kue ini tidak akan tahan lama berada di meja yang dengan sekejap lenyap dimakan.

  1. Rengginang

Rengginang Khas Banten

pabosi.net

Rengginang sikerupuk tebal yang gurih dan lezat yang terbuat dari nasi ketanyang dijemur dibawah terik matahari ini merupakan salah satu dari puluhan makanan khas dari banten. Selain rasanya yang lezat dan gurih rengginang sendiri sangatlah mudah untuk di buat dan sekarang sudah banyak sekali varian dari rengginang ini.

 

Leave a Reply