Cara Tidur yang Sehat Agar Bangun Kembali Fresh

Setelah beraktifitas seharian  semua orang pasti merasakan rasa lelah dan kantuk, oleh karna itu rasa lelah dan kantuk bisa di hilangkan degan tidur. Mungkin ada juga orang yang susah untuk tidur, tidur terlalu pulas hingga menyebabkan bangun kesiangan .Berikut ini saya akan mencoba mengulas seputar tidur yang sehat.

Apa yang dilakukan sebelum tidur…??

sepulang dari kerja biasaanya seseorang merasakan kantuk yang sangat hingga dia melupaka hal – hal yang penting dilakukan sebelum tidur. Karena sebelum tidur kita harus melakukan hal – hal yang bisa bisa mendukung tidur kita menjadi baik.

  1. Gosok gigi sebelum tidur
toothbrush

pixabay.com/en/toothbrush-toothpaste-dental-care

Karena pada malam hari sebelum tidur adalah waktu yang tepat menggosok gigi. Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa sikat gigi pada malam hari sangatlah penting, dikarenakan  pada malam hari bakteri lebih cepat berkembang biak, dan mengakibatkan gigi kita rusak.

  1. Berwudhu sebelum tidur

Berwudhu bukan hanyaa sekedar  untuk bersuci saja karena berwudhu juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Sebagai mana nabi Muhammad shalawllah ‘alaihi wa salam melakukan hal yang demikian, dengan alasan kesehatan. Banyak manfaat dari berwudhu sebelum tidur bagi kesehatan kita seperti terbebas dari kuman jahat, struktur wudhu memang menyehatkan, membantu kesehatan wajah, mencerahkan kulit, serta merilekskan otot sebelum tidur  agar otot tidak tegang dan keesokan harinya bisa beraktivitas dengan penuh semangat.

  1. Membersihkan tempat tidur

Sebelum tidur kita harus menganjurkan untuk membersihkan tempat tidur . karena pada tempat tidur kita ada kutu yang sensitif terhadap sinar matahari akan tetapi susah untuk di bersihkan jika sudah menempel di tubuh manusia.

  1. Mematikan lampu sebelum tidur

 

 

tidur gelap

sleep-bed-sheets-covers-comforter/pixabay.com

Mungkin  sebelumnya anda berfikiran bahwa mematikan lampu hanya untuk mecegah kebakaran atau menghemat listrik saja, namun manfaatnya lebih dari sekedar itu. Joan Roberts seorang ahli biologi menemukan bahwa orang yang tidur dalam keadaan gelap lebih tahan dari penyakit, Karena sistem kekebalan tubuh terbentuk lebih optimal. Selain itu, kondisi gelap bisa memicu pembentukan hormon melatonin yang berperan sebagai antioksida yang bisa menjaga kita dari virus yang berbahaya.

BAGAI MANA KITA TIDUR…??

Posisi tubuh kita saat tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita, karena jika posisi  tubuh kita salah ketika tidur maka akan menyebabkan sakit. Lantas bagai mana posisi kita saat kita tidur ? mari kita simak sedikit penjelasan di bawah ini :

macam posisi tidur

www.twimovies.news/sleeping+position

  1. Tidur dengan terlentan

Tidur dengan terlentang  adalah tidur yang baik untuk mempertahankan posisi netral , hal ini bertujuan untuk mencegah sakit leher dan punggung. Tidur dalam keadaan terlentang bagus untuk perawatan kecntikan bagi wanita.

Sayangnya orang yang memiliki kecenderungan mendengkur dan sleep apnea tidak baik jika tidur denga terlentang.karena saat tidur terlentang, efek grafitasi akan membuat pangkal lidah menurun ke saluran pernafasan  dan menghambat jalannya udara yang akan menyebabkan suara dengkur yang keras.Dokter  juga akan menyarankan orang yang punya kebiasaan mendengkur agar tidur dengan cara menyamping.

  1. Tidur tengkurap
tidur tengkurep

pixabay.com/en/sleeping-tired-bed-feet

Tidur dengan posisi tengkurap akan banyak menolong untuk orang yang punya masalah dengan berdengkur ketika tidur. Namun tidur dengan posisi ini adalah tidur yang paling buruk dan sebaiknya di hindari, karena akan memebuat mendatar posisi kurva yang alami pada tulang belakang daan akan menyebabkan nyeri pada punggung bagian bawah.

Oleh karena itu sebaiknya kita menghindari posisi dengan tengkurap yang banyak menimbulkan berbagai efek yang kurang baik dari pada efek yang baiknya.

  1. Tidur menyamping
tidur miring

pixabay.com/en/adorable-baby-beautiful-child-cute

Tidur menyamping ke kanan dengan berbantalkan tangan dan lutut di tekuk hingga seperti janin yang dalam kandungan, bisa mengurangi ketegangan pada punggung.jika tidur  miring ke kiri akan membebani jangtung yang harus memompa dengan beban yang berat dalam jangka waktu yang lama.

Posisi tidur dengan miring kesaamping adalah posisi yang paling baik, dan bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah pada tulang punggung, meringankan pernafasan dan organ tubuh lain akan leluasa.

Posisi tidur ini juga yang telah di contohkan nabi Muhammad SAW,  Allahu ‘alam bi sowab.

BERAPA LAMA KITA HARUS TIDUR…??

Tidur merupakan aktifitas yang wajib setiap harinya, karena jika kita kekurangan tidur akan mengakibatkan pengaruh buruk bagi kesehatan seperti depresi, konsentrasi menurun, mempengaruhi kesehatan kulit, dan masalah kesehatan yang serius .

Tidak hanya kurang tidur ang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kiita. tapi, terlalu lama tidur  atau oversleeping juga dapat mengakibatan pengaruh buruk bagi kesehatan kita. Lantas berapa lama waaktu yang ideal untuk tidur ?.

Rata – rata lama kita tidur yaitu 7 – 8 jam kita untuk tidur setiap harinya. Karena oversleeping juga akan mengakibatkan kerusakan pada sel – sel  tubuh kita sehingga mengurangi harapan hidup kurang lebih 17%. Nah, sekarang sudah tahu berapa lama kita harus tidur.

TIPS AGAR BANGUN LEBIH AWAL

Mungki bagi anda yang selalu bangun kesiangan atau mungkin ingin bangun lebih awal untuk shalat tahajud ada sedikit   tips agar kita bisa bangun lebih awal.

  1. Tidur jangan terlalu malam,karena tidur terlalu malam akan membuat kita merasa kantuk yang sangat. Dan usahakan agar kita tidur setelah shalat isya.
  2. Tidur dengan keadaan menyamping, karena tidur dengan tengkurap dan terlentang bisa membuat kita susah untuk bangun dikarenakan 2 posisi itu sangat nyaman untuk tidur.
  3. Tidak berselimut saat tidur, ketika kita tidur berseliut maka kita akan merasakan tidur yang terlalu nyenyak dan sulit untuk bangun.
  4. Tidur di waktu siang,
  5. Berdoa dan niat, tanpa doa dan niat yang kuat maka akan kalah dengan hawa nafsu yang ada.

itulah sedikit tips agar kita bisa bangun lebih awal, semoga bermanfaat.

Leave a Reply