Tips Hidup Sehat Agar Hidupmu Tetap Sehat

semua orang pasti ingin hidup sehat bukan ?, tapi banyak orang yang ingin hidup sehat akan tetapi dia menggunakan cara cara yang menyebabkan efek saping di kemudian hari seprti mengkonsumsi obat – obatan. Saran saya mengkonsumsi obat obatan mulailah di tinggalkan dan mulai menggunakan metode hidup sehat secara alami.

Ada banyak sekali cara – cara untuk hidup sehat yang alami yang bisa kita dapatkan dari majalah, buku kesehatan, dan juga searching di google dan juga di media lainya. Berikut ini ada tips agar hidup sehat secara alami.

  1. Istirahat yang cukup
waktu istirahat

pixabay.com/id/alarm-jam-berdiri-waktu-tidur

Setelah seharian bekerja pasti anda merasakan lelah, oleh karna itu anda harus  melakukan istirahat yang cukup agar badan tetap fit dan semangatpun kembali untuk esok hari. Istirahat yang cukup bisa dengan tidur yang cukup yaitu Selama kurang lebih 7 jam, dan di tambah dengan tidur siang cukup ½ jam atau mungkin jika anda tidak bisa tidur selama itu anda cukup tidur 5 menit atau 10 menit. Dan waktu yang ideal untuk tidur siang adalah sebelum waktu dzuhur karena pada waktu itu seseorang akan merasa kantuk yang sangat dan selain itu Rosulullah juga menganjurkan agar tidur di waktu itu.

  1. Makan teratur
healthy-eating

ambikamath.wordpress.com

Konsentrasi seseorang akan berkurang ketika seseorang merasakan lapar, oleh karena itu anda harus makan secara teratur yaitu pagi, siang dan sore agar tubuh tetap sehat  dengan pola makanan yang sehat atau di sebut  4 sehat 5 sempurna. Karena tubuh kita memerlukan gizi yang cukup dan seimbang, jika kekurangan gizi maka tubuh kita akan mudah terkena sakit begitu pula jika terlalu berlebihan dalam asupan gizi akan menyebabkan tubuh kita sakit.

Sumber nutrisi dan gizi ada dua, yaitu:

  1. Hewani : gizi yang berasal dari hewan, seperti; susu,daging dan telur.
  2. Nabati : gizi yang berasaal dari tumbuh – tumbuhan, seperti; kacang – kacangan dan sayur – sayuran.

Orang dewasa memerlukan 2000 kalori / hari, dan sebagian besar kalori yang dibutuhkan tubuh dari karbohidrat yaitu 300 gram / hari atau 1200 kalori / hari sekitar 45 – 60 % setiap harinya.

  1. Olahraga rutin setiap hari
senam pagi

www.ezyshine.com

Selain istirahat yang cukup dan makan yang teratur, kita juga harus rutin melakukan olah raga agar tetap bugar. Karena tubuh jika banyak bergerak dan beraktifitas akan sehat selama tidak berlebihan, adapun manfaat dari olahraga membantu mengontrol berat badan, meningkatkan mood, mencegah berbagai penyakit,meningkatkan energi, dan meningkatkan memori.

Melakukan olahraga tida perlu lama cukup  5 – 10 menit setiap pagi dan di sore hari, agar otot – otot tubuh kita tidak tegang.

  1. Banyak minum air putih

 

waterr

themindunleashed.org

Air putih ternyata tidak sesepele yang kita kira. Di balik kesederhanaan air putih tidak hanya berguna untuk mencegah dehidrasi, namun juga memiliki banyak manfaat lainya.

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan yang paling sehat untuk menjaga cairan tubuh yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu air putih bisa menjaga kadar cairan yang ada pada tubuh kita, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan, penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal . dan kita harus meminum  air minimal 2 liter / har.

  1. Lingkungan yang bersih
lingkungan sehat

pixabay.com/en/swan-nature-peace-autumn-finnish

Meskipun makan teratur dan olahraga selalu rutin dilakukan akan tetapi kebersihan lingkungan tidak di jaga maka kita akan mudah terkena penyakit. Oleh karna itu kita harus membiasakan dalam kehidupan kita untuk selalu berbudaya bersih, karena kebersihan mencerminkan keperibadian seseorang.

  1. Mencukupi kebutuhan Vitamin
vitamin

pixabay.com/en/vitamin-b-effervescent-tablet

Vitamin sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh kita, sehingga metabolisme dalam tubuh kita bekerja dangan baik.  Secara umum vitamin ada 6 macam yaitu Vitamin A, B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12), C, D, E, dan K. Masing – masing Vitamin mempunyai manfaat tersendiri  yaitu :

Vitamin A : sangat bagus untuk kesehatan kulit dan biasanya terdapat pada buah – buahan yang berwarna merah, wortel, sayuran berwarna hijau,hati dan, susu. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan cepat tua, dan kelebihan  vitamin A akan menyebabkan haid tidak lancar.

Vitamin B : kompleks bermanfaat untuk memperoduksi energi, sistem saraf tubuh dan tubuh sehat, pencernaan yang baik, kesehatan rambut dan kuku, serta menjaga tingkat kadar kolestrol yang sehat. Kelebihan vitamin B dapat menyebabkan efek samping yang negatif seperti asam urat, gula darah tinggi dan masaalah kulit. Jika dosis yang tida terkontrol menyebabkan komplikasi jantung dan hati. Dan juga jika kelebihan vitamin B3 dapat menyebabkan masalah penglihatan, mual, muntah, dan memperparah sakit maag.

Vitamin C : sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh, pembentukan sel darah merah, antioksida dan, untuk kesehatan gusi dan gigi, yang bisa kita dapatkan dari buah – buahan,mentega dan ikan. Kekurangan vitamin C menyebakan mudah lelah, anemia dan, sariawan.

Vitamin D : berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, yang bisa kitta dapatkan dari susu dan sinar matahari.  Kekurangan vitamin D menyebabkan diabetes dan osteoporosis.

Vitamin E : berguna untuk pengontrolan asam lemak berlebih dan kesehatan kulit, yang bisa kita dapat dari gandum, minyak sayur dan minyak ikan, adapun kekurangan vitamin E dapat menyebabkan mandul.

Vitamin K : untuk pencegahan diabetes dan osteoporosis, yang bisa kita dapatkan dari alpukat dan sayur – sayuran berwarna hijau. kekurangan vitamin K menebabkan keropos pada tulang.

  1. Tersenyum dan Beribadah
tersenyum ibadah

pixabay.com/en/portrayal-portrait-baby-face-mood

Banyak riset yang telah  membuktikan bahwa dengan banyak tersenyum sistem  dalam kekebalan tubuh meningkat dan dengan tersenyum hati menjadi tenang dan rileks, selain itu tersenyum juga termasuk ke dalam ibadah. Dan jangan lupa selalu beribadah dan berdo’a kepada yang MAHA ESA agar selalu diberikan kesehatan dan di permudah dalam segala urusan. Dan yang paling utama untuk selalu melakukan sholat dan berdo’a.

 

Allahu ‘alam bi showab….

 

2 Comments

  1. Alris April 4, 2016
    • ghilad April 6, 2016

Leave a Reply