Tokoh Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh Di Dunia

Mungkin kamu masih beranggapan bahwa para ilmuan berasal dari Negara barat dan bukan dari agama islam. Namun nyatanya banyak sekali para ilmuan muslim yang sangat berpengaruh di dunia atas keahliannya dan penemuanya.

Semua ilmu yang selama ini kita pelajari tidak lepas dari campur tangan para ilmuan yang terus mempelajari dan menggali ilmu sehingga pada saat ini sudah banyak sekali teori yang mereka dapatkan. Teori ini merupakan teori yang masuk akal dan bisa diterima semua orang setelah bersusah payah dan banyak sekali percobaan.

Ilmuwan Muslim

Ilmuwan Muslim

Begitu pula dengan para ilmuan muslim yang ada di berbagai penjuru dunia yang berhasil dengan sukses menemukan penemuan yang luar biasa. Sehingga karena merekalah kita bisa menikmati ilmu tersebut hasil dari jeri payah mereka dalam menggali dan terus menggali ilmu.

Para ilmuan pada waktu itu tellah banyak menarik pengaruh dari Aristoteles dan Neo-platonis serta termasuk Euclid, Archimedes dan masih banyak lagi. Dan yang kamu harus tau bahwa ilmuan muslim pada saat itu kebanyakan mengembangkan ilmunya dalam bidang kimia, fisika, kedokteran, matematika, filsafat, astrologi dan bedah.

Kunjungi konveksi jasa sablon kaos.

Berikut ini kita akan membahas ilmuan muslim yang berpengaruh besar terhadaap dunia:

  1. Al Farabi

Nama beliau adalah Abu Nasir Muhammad, dan beliau memiliki ayah yang bernama Al Farakh Al Farabi. Abu Nasir Muhammad  atau Al Farabi  ini merupaka ilmuan dari Farab Kazakhstan yang terkenal sebagai seorang  filusuf dan ilmuan muslim.

Abu Nasir al-Fārabi

Abu Nasir al-Fārabi

Didalam beberapa sumber beliau dikenal dengan sebutan Abu Nasr Muhammad Ibn Tarkhan Ibn Uzalah Al-Farabi dan juga dikenal dengan nama Abu Nasir al-Fārabi. Dan nama belau di Negara barat akan dikenal sebagai Alpharabius yang terkenal sebagai seorang pemikir yang tersohor pada abad pertengahan.

Teori beliau yang dikenal adalah ilmu logika, ilmu matematika, ilmu politik, ilmu alam, kenegaraan dan juga teologi. Di dalam hidupnya ini beliau seringkali mengahbiskan waktu untuk menciptakan karya-karyanya yang sangat berlin pada abad pertengahan.

Salah satu teori belau yang paling terkenal adalah tentang Al Madinah Al Fadhilah atau yang artinya Kota yang utama. Didalam nya beliau membahas tentang pencapaian kemasyuran hidup dengan melalui bidang politik serta hubungan antara rezim yang paling baik menurut plato dengan hokum islam.

  1. Al Battani

Al Battani

Al Battani

Ilmuan islam yang mempunyai nama Al Battani ini dikenal juga dengan nama Albatenius. Beliau ini seorang ahli astronomi dam matematikawan yang berkebangsaan Arab. Teori belau yang terkenal adalah tentang penetapan tahun matahari yaitu 24 detik,46 menit, 5 jam, dan 365 hari dan juga beliau merupakan ilmuan yang menemukan persamaan trigonometri serta seseorang yang memecahkan persamaan sin x = a cos x.

  1. Ibnu Sina

Ibnu Sina

Ibnu Sina

Ibnu sina merupakan ilmuan, filusuf dan juga seorang dokter yang lahir di Persia ini dikenal dinegara barat dengan nama Avicenna. Beliau ini sangat terkenal dalam bapak pengobatan di dalam dunia kedokteran serta beliau memiliki karya yang sangat terkenal yang disebut dengan Qanun fi Thib.

Didalam karya beliau itu menjelaskan tentang rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad. Namun tidak hanya sebatas itu beliau juga seorang penulis yang sangat produktif  dan seorang pengarang buku yang membahas mengenai pokok pembahasan dalam ilmu kedokteran sebanyak 450 buku sehingga karyanya ini di dominasi oleh para ilmuan dalam dunia kedokteran.

The Canon of Medicine dan The Book of Healing

The Canon of Medicine dan The Book of Healing

Buku beliau ini yang paling terkenal berjudul The Canon of Medicine dan The Book of Healing dan masih banyak buku terkenal yang beliau miliki.

Itulah 3 Ilmuan muslim yang sangat berpengaruh di dunia dengan penemuan dan karyanya dan semoga kita bisa menjadi orang yang berpengaruh di lingkungan kita, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga artikel tentang Kaos Muslim.

2 Comments

  1. KAOS DAKWAH Maret 20, 2017

Leave a Reply